Kata Nakamura, Catur Online Adalah Masa Depan Catur

Chess24 telah menghubungi Grand Chess Tour untuk meminta tanggapan atas komentar Nakamura ini, tetapi belum menerima jawaban.

Rabu, 27 Januari 2021 | 07:14 WIB
0
163
Kata Nakamura, Catur Online Adalah Masa Depan Catur
Hikaru Nakamura (Foto: US Chess Champs)

Minggu lalu penyelenggara Grand Chess Tour telah mengumumkan 10 peserta yang ikut tahun ini tanpa nama GM Magnus Carlsen dan GM Hikaru Nakamura di dalamnya.

Ayah Carlsen mengatakan bahwa jadwal anaknya sibuk, karena ada Champions Chess Tour, The Altibox Norway Chess dan juga persiapan untuk kejuaraan dunia berikutnya, sehingga tidak bisa ikut sebagai alasannya.

Tidak segera jelas mengapa Nakamura tidak ambil bagian kali ini. Hanya saja di saluran streamingnya, pecatur AS berusia 33 tahun itu menyebutkan beberapa alasan mengapa dia memutuskan untuk tidak menerima undangan tersebut.

Nakamura mengatakan bahwa dia ada perjanjian dengan sponsornya, aktivitas streamingnya, dan ketidakpastian turnamen ini akan tetap berlangsung akibat COVID-19 sebagai alasan utama untuk tidak bermain tahun ini.

Nakamura membantah tulisan di Chess24 bahwa dia mengatakan berniat untuk kurang aktif di dalam turnamen-turnamen di atas papan, tetapi pada saat yang sama menyatakan keyakinannya bahwa masa depan catur tingkat atas adalah lewat online.

"Saya sangat yakin bahwa masa depan catur adalah online, berorientasi pada eSports dan tidak akan kembali ke catur klasik, tidak akan kembali ke catur di atas papan, cara yang masih diyakini oleh banyak kaum tradisionalis kuno. Saya pikir apa yang terjadi tahun lalu sangat bermanfaat bagi catur," lanjut Nakamura.

Dengan kembalinya turnamen klasik di atas papan seperti Altibox Norway Chess dan Tata Steel Chess, ada harapan bahwa catur dapat segera kembali normal.

Namun, situasi pandemi saat ini masih tetap mengerikan dan meski jutaan dosis vaksin anti Covid-19 telah dibagikan di seluruh dunia, beberapa negara di Eropa kembali memberlakukan penguncian baru setelah infeksi kembali mencapai titik tertinggi.

Nakamura sangat meragukan apakah kelima seri The Grand Chess Tour itu dapat digelar karena pembatasan perjalanan. Mereka terlalu berani berpendapat bahwa seri turnamen ini akan tetap terselenggara tanpa halangan.

"Saya tidak yakin dunia sudah kembali normal pada bulan Juni dan satu-satunya turnamen saat ini di mana pemain bisa tampil adalah di Tata Steel di Eropa. Saya dan Wesley So bahkan tidak diundang untuk berlaga di ajang tersebut," ujarnya.

Chess24 telah menghubungi Grand Chess Tour untuk meminta tanggapan atas komentar Nakamura ini, tetapi belum menerima jawaban.

Jadi siap-siaplah untuk terus bermain catur online karena masa depan catur ada di sini dan turnamen online terdekat adalah Tibidon Cup pada 7 Februari 2021 di mana yang daftar sudah ada dari India, Armenia, Khazakstan, dan Ukraina.

***