Gukesh dan Pengorbanan Orangtua

Tetapi semua ini tidak akan mungkin terjadi tanpa adanya pengorbanan dari Dr. Rajinikanth dan Dr. Padma Kumari. Angkat topi untuk keduanya karena membuat permata seperti Gukesh bersinar.

Rabu, 19 Februari 2020 | 17:08 WIB
0
167
Gukesh dan Pengorbanan Orangtua
Gukesh dan ayahnya (Foto: Chessbase India)

Suhu di Denmark saat ini 2° Celcius. Hotel Gukesh berjarak 3 kilometer dari tempat pertandingan Hillerhoed Chess Festival. Taksi sangat mahal dan karena itu, terlepas dari iklim yang brutal, ayah Gukesh, Rajinikanth, dan Gukesh memilih naik sepeda ke tempat tersebut.

Ini mungkin bukan sesuatu hal istimewa, tetapi pemikiran out of the box seperti inilah yang telah membantu Gukesh menuai sukses dalam karier caturnya. Ia misalnya menjadi GM termuda kedua di dunia yang pernah meraih gelar bergengsi itu setelah Sergey Karjakin.

Ketika Rajinikanth melihat bahwa putranya ini memiliki bakat istimewa dalam catur, dia memutuskan untuk meninggalkan pekerjaannya agar bisa mendampingi Gukesh bepergian ke berbagai turnamen.

Rajinikanth adalah seorang ahli bedah THT. Ia memiliki karier cemerlang sebagai seorang dokter. Namun untuk sementara Rajini mengabaikan profesinya itu untuk memberikan Gukesh semua fasilitas yang dia bisa agar putranya ini menjadi pecatur kelas dunia.

Ketika sumber daya keuangan menipis, Rajinikanth dan Gukesh tidur di bandara, makan pun makanan sederhana, menghemat setiap sen, tetapi tidak pernah berkompromi kalau sudah menyangkut urusan catur.

Kehidupan ibu Gukesh, Padma Kumari, juga tidak mudah. Padma juga seorang dokter dan mengelola keuangan keluarga dengan pergi bekerja setiap hari. Ia sering berjauhan dari putra dan suaminya bahkan pernah nyaris setengah tahun lamanya, tetapi dia tidak mengeluh.

Sekarang D Gukesh sudah memiliki sponsor Microsense, perusahaan teknologi besar yang bergerak di bidang Internet Networks. Gukesh juga sudah mulai memanen hasil kerja kerasnya dengan menjuarai turnamen di Denmark ini. Segera Gukesh akan menjadi salah satu pecatur terbaik dunia dan akan memiliki masa depan yang aman secara finansial.

Tetapi semua ini tidak akan mungkin terjadi tanpa adanya pengorbanan dari Dr. Rajinikanth dan Dr. Padma Kumari. Angkat topi untuk keduanya karena membuat permata seperti Gukesh bisa bersinar.

Photo: ChessBase India

***