Botez Raup Uang sebagai Streamer Catur, Ladva sebagai Pemain Poker

Beberapa pecatur top lainnya yang sangat handal bermain poker antara lain adalah GM Alexander Grischuk, GM Loek van Wely, IM Almira Skripchenko, dan WGM Jennifer Shahade.

Minggu, 28 Februari 2021 | 12:14 WIB
0
189
Botez Raup Uang sebagai Streamer Catur, Ladva sebagai Pemain Poker
Alexandra Botez (Foto: Alexandra)

WFM Alexandra Botez (25) menghasilkan lebih dari USD 100.000 atau sekitar 1,4 miliar rupiah setahun sebagai seorang streamer catur profesional. Bersama adik perempuannya, Andrea (18), mereka menjadi pembawa acara konten catur dan streaming di platform Twitch dengan nama BotezLive Twitch.

Twitch adalah situs layanan video yang memungkinkan pengguna meng-upload, melakukan live streaming ke ribuan pemirsa secara real-time.

Pandemi telah membawa sejumlah besar subscribers baru ke dunia catur online, dan dikombinasikan dengan kesuksesan film seri The Queen's Gambit di Netflix, membuat popularitas catur melambung. Keanggotaan di Chess.com misalnya meningkat dari 1,1 juta menjadi 3,9 juta pada Desember 2020.

Saat masih kuliah di Stanford, Botez bermain catur di Chess.com, tetapi hal ini melewatkan interaksi sosial dari permainan tatap muka. Jadi pada tahun 2016, dia memutuskan mulai streaming di Twitch untuk bersenang-senang.

Botez mulai menghasilkan uang di Twitch melalui subscribers salurannya, yang membayar biaya bulanan mulai dari USD 4,99. Subscribernya juga memberikan sumbangan dan dukungan langsung.

Setelah lulus pada 2017, Botez bekerja di sebuah perusahaan startup namun gagal. Karena karier streamingnya sudah berjalan baik, Botez memutuskan untuk mengambil risiko dan menjadi streamer catur penuh waktu.
Adik perempuannya, Andrea, menjadi partner streamingnya pada tahun 2020 di mana dua kakak beradik ini memiliki lebih dari 650.000 subscribers di Twitch.

Botez dan Andrea meraup uang dari sejumlah sumber, termasuk subscribers, sponsor, pendapatan iklan dari platform sosial seperti Instagram, dan income dari Team Envy, perusahaan esports global yang kontraknya baru-baru ini mereka tanda tangani. Botez juga berencana menjual merchandise di masa mendatang.

Pada 2021, Botez ingin memperluas kontennya untuk menjangkau lebih banyak orang. Dia bertujuan untuk membuat video yang "benar-benar menarik, bahkan untuk orang-orang yang hanya ingin bermain catur santai", katanya.

GM Ottomar Ladva 

Siapa Grandmaster catur paling sukses di tahun 2021? Bisa jadi dia adalah juara Estonia empat kali GM Ottomar Ladva, yang meraup total uang hadiah sebesar USD 525.089 atau sekitar 7,4 miliar rupiah dari... permainan poker!

Grandmaster Estonia berusia 23 tahun itu tampil sebagai juara Super High Roller Partypoker setelah mengalahkan salah satu pemain poker terbaik di dunia, Justin Bonomo, di babak final.
Lahir pada tahun 1997, Ottomar meraih juara nasional Estonia pada 2013 di usia 15 tahun, rekor termuda saat itu.

Setelah kesuksesan pertamanya ini, Ottomar kembali memenangkan kejuaraan yang sama pada tahun 2015, 2016, dan 2018. Ottomar saat ini pecatur nomor dua Estonia di bawah GM Kaido Kulaots.

Beberapa pecatur top lainnya yang juga sangat handal bermain poker antara lain adalah GM Alexander Grischuk, GM Loek van Wely, IM Almira Skripchenko, dan WGM Jennifer Shahade.

***