Meningkatkan Public Speaking dari Latihan Menjadi Bakat

Bagi yang sedang mengikuti organisasi di sekolah atau kuliah, hal tersebut akan sangat bermanfaat karena disitulah softskill untuk meningkatkan public speaking.

Minggu, 6 September 2020 | 14:02 WIB
0
68
Meningkatkan Public Speaking dari Latihan Menjadi Bakat
ilustrasi public speaking

Dalam kehidupan ini, komunikasi menjadi salah satu cara manusia untuk mengungkapkan sesuatu kepada manusia yang lain. Komunikasi memudahkan manusia untuk berinteraksi dengan manusia lain. Tanpa komunikasi, hubungan antar manusia yang semula dekat bisa menjadi asing.

Setiap orang memiliki caranya sendiri dalam berkomunikasi, pastinya ada orang yang suka lahir oleh karena itu dia memiliki bakat public speaking yang baik atau orang yang terus berlatih dan karena terbiasa berlatih akhirnya ia memiliki public speakingnya semakin bagus.

Dalam sesi BroKer Ep.4 pada 5 September 2020, RuangHR berbagi tips tentang public speaking dengan menghadirkan narasumber yang ahlinya dalam public speaking, yaitu Saktisyahputra, S.I.Kom, M.I.Kom, C.NLP, CM.NLP, CH, CHt, CMSP, CSTS, CPS, CTHRNLP.

Menurut Saktisyahputra, public speaking adalah ilmu keterampilan komunikasi. Bagi seorang pemula yang masih nervous atau gugup jika ingin mencoba menjadi public speaker memang harus banyak latihan agar terbiasa seperti banyak training untuk memantau perkembangan menjadi seorang speaker yang baik dan memiliki komunikasi yang bagus. Jika masih pemula dan masih ragu-ragu dalam melakukannya, memakai bahasa tubuh seperti menggerakkan tangan menjadi solusi agar rasa nervous dari dalam diri bisa hilang. Agar tidak monoton saat berbicara di depan banyak orang, menggunakan teknik pantun bisa dilakukan saat mengawali dan mengakhiri kalimat.

Berikut tips meningkatkan mental saat public speaking:

  1. Meyakinkan diri sendiri dengan tidak melihat orang lain. Percaya pada diri sendiri bahwa ada kelebihan yang dimiliki dan tidak dimiliki oleh orang lain.
  2. Menelepon orang yang kita cintai seperti orang tua, saudara, sahabat, atau pasangan. Menghubungi mereka akan semakin menambah semangat untuk melakukan yang terbaik.
  3. Secara religius, kita bisa berdo'a kepada Tuhan sebelum kita melakukan public speaking agar diberikan kelancaran dan kemudahan dalam melakukannya.

Public speaking yang dimiliki oleh seseorang memang harus dikembangkan sejak dini. Bagi yang sedang mengikuti organisasi di sekolah atau kuliah, hal tersebut akan sangat bermanfaat karena disitulah softskill untuk meningkatkan public speaking.

Meskipun begitu, latihan public speaking harus dilakukan dimanapun karena hampir semua profesi yang ada sekarang seperti guru, trainer, motivator, dosen, karyawan, supervisor, office boy, manager, dll. wajib memiliki public speaking yang baik guna untuk meningkatkan SDM yang ada.

Maka dari itu, yuk terus berlatih untuk meningkatkan kualitas diri agar memiliki public speaking yang baik.

***