Ian Nepomniachtchi Calon Penantang Magnus

Salah satu yang membuat saya yakin Nepomniachtchi akan menantang Magnus Carlsen adalah karena Ian keturunan Yahudi. Tahu kan Yahudi itu pintar-pintar.

Kamis, 26 Maret 2020 | 08:20 WIB
0
23
Ian Nepomniachtchi Calon Penantang Magnus
Ian Nepomniachtchi (Foto: Lennart Ootes)

Banyak yang memfavoritkan GM Ding Liren akan menjuarai turnamen kandidat 2020 sementara GM Magnus Carlsen sendiri menjagokan GM Fabiano Caruana sebagai calon lawannya di kejuaraan dunia nanti.

Tetapi banyak mungkin yang belum mengetahui bahwa satu-satunya pecatur elit saat ini yang mampu mencetak hasil positif melawan juara dunia Magnus Carlsen adalah GM Ian Nepomniachtchi di mana dalam 11 kali pertemuan mereka di catur klasik, Nepom menang 4 kali, remis 6 kali dan hanya kalah 1 kali.

Dari statistik ini bisa diambil kesimpulan, Nepomniachtchi adalah orang yang paling tepat untuk menghadapi Magnus nanti bukan Caruana atau Ding Liren. Selain itu Ian sekarang memimpin turnamen dengan 3½ poin setelah lima babak.

Statistik lain menyebutkan pecatur yang memimpin turnamen kandidat setelah lima babak akan memenangi turnamen ini seperti 2013 Magnus Carlsen 3½, 2014 Anand 3½, 2016 Karjakin 3½, dan 2018 Caruana 3½.

Sedikit gambaran tentang pecatur kelahiran 14 Juli 1990 di Bryansk, Rusia ini kisah perkenalannya dengan dunia catur dimulai dari ruang keluarga. Di keluarganya catur bukan hanya permainan favorit, tetapi juga sebagai ajang untuk berkomunikasi. Hampir setiap malam paman dan kakeknya bermain catur.

Rasa ingin tahu kanak-kanaknya membuat ia tidak pernah absen untuk menonton. Sejak itu catur telah menjadi bagian integral dari kehidupan pecatur berusia 29 tahun ini.

Nepomniachtchi sendiri belajar catur secara serius pada usia 4½ tahun. Pelatih pertamanya adalah Valentin Evdokimenko, Valery Zilberstein dan GM Sergei Yanovsky. Di bawah bimbingan pelatihnya ini Ian memenangi European Youth Chess Championship tiga kali.

Tahun 2010 Ian menjuarai kategori U10, tahun 2001 dan 2002 dua kali menjuarai U12. Prestasi tingkat dunia Ian adalah saat menjuarai World Youth Chess Championship U12 tahun 2002 mengalahkan GM Magnus Carlsen dalam perhitungan tiebreak.

Untuk turnamen, Ian adalah juara Aeroflot Open tahun 2008. Ian juara European Individual Championships dan Russian Championship 2010. Ia juga memenangi Tal Memorial tahun 2016 dan Dortmund tahun 2018.

Prestasi Ian semakin mengkilap berkat dukungan sponsor perusahaan minyak raksasa Rusia, Rosneft, dan Alfa Bank, salah satu bank swasta terbesar di Rusia membuatnya mampu menduduki peringkat ke-4 dunia saat ini.

Salah satu yang membuat saya yakin Nepomniachtchi akan menantang Magnus Carlsen adalah karena Ian keturunan Yahudi. Tahu kan Yahudi itu pintar-pintar. Sebagai gambaran ini adalah beberapa pecatur kelas dunia keturunan Yahudi.

Judit Polgar, Mikhail Tal, Mikhail Botvinnik, Emanuel Lasker, Wilhelm Steinitz, Siegbert Tarrasch, Aron Nimzowitsch, Akiba Rubinstein, Viktor Korchnoi, Savielly Tartakower, Bobby Fischer, dan Boris Gelfand.

Bagaimana? Cukup mengesankan? Jadi kita tunggu saja kiprah GM Ian Nepomniachtchi di turnamen kandidat ini nanti.

***