Coto Makassar dan Nasi Padang di Jakarta

Memang harus diakui, betapa banyak jenis kuliner daerah di negeri ini. Tidak heran kalau Nusantara kita ini kaya akan berbagai jenis kuliner.

Senin, 19 Juli 2021 | 15:42 WIB
0
201
Coto Makassar dan Nasi Padang di Jakarta
Coto Makassar dengan ketupat dan jeruk nipis. Maknyous (foto Nur Terbit)

MAKAN APA KITA HARI INI? Yuk makan apa hari ini? Mari kita lupakan sejenak soal kasus yang lagi disidik kepolisian, atau perkara klien yang dalam proses sidang di pengadilan. 

Juga, mari kita kesampingkan dulu soal penyakit, soal virus, soal Covid19, soal PPKM, soal vaksin, yang bikin kita stress hingga membuat kita jatuh sakit.

Saatnya membahas soal makanan. Ini ada video reportase Youtube saya soal kuliner. Dua di antaranya adalah masakan khas daerah. Dari PADANG hingga Ujung PANDANG (Makassar). 

Dari Coto Makassar, Ketupat, JALANGKOTE (Pastel Makassar) hingga Nasi Kapau Kepala Ikan, Lemang khas Padang. 

Kuliner lainnya banyak videonya di channel Nur Terbit 

Bagaimana membuat dan bahan yang diperlukan saat membuat Coto Makassar, Nasi Padang, Nasi Kapau dan Lemang? Juga sudah saya bikin tutorialnya berdasarkan demo uji coba istri saya Sitti Rabiah di channel YouTube saya maupun di akun blog Kompasiana beliau.

Alhamdulillah, bagi keluarga kami memang lengkap. Perpaduan antara gabungan keluarga Bugis, Makassar, Padang, Jawa dan Lombok. Saya dan istri dari Makassar (Sulawesi Selatan), besan perempuan dan menantu perempuan dari Padang (Sumatera Barat), besan laki-laki dari Lombok (Nusa Tenggara Barat) dan Solo (Jawa Tengah).

Jadi kalau kami sekeluarga tidak sempat keluar berwisata kuliner, maka hobi makan ini disalurkan di rumah. Istri dan besan berdua demo masak di dapur. Ya, masakan apa lagi kalau bukan ala Makassar, Padang, Lombok atau Jawa.

Memang harus diakui, betapa banyak jenis kuliner daerah di negeri ini. Tidak heran kalau Nusantara kita ini kaya akan berbagai jenis kuliner.

Nah, khusus untuk kuliner Coto Makassar dan Nasi Padang ini, jika sempat berwisata kuliner di Jakarta jangan lupa dengan kedua menu "icip-icip" ini..

Selamat menikmati. Jangan lupa like, komen, share dan subscribes videonya ya. Terima kasih. Salam sehat dan bahagia selalu bersama keluarga... atau pacar bagi yang belum berkeluarga (Nur Terbit).

#nurterbitjalan2 #kulinerkhasdaerah# wartawanbangkotan #advokatkita

* Nur Aliem Halvaima (Nur Terbit), Jurnalis, Penulis buku Wartawan Bangkotan, Lika-Liku Kisah Wartawan, Mati Ketawa Ala Netizen, Editor Harian Terbit (1984-2014), Owner www.nurterbit.com, Twitter @Nurterbit, @IniWisataKulin1, Fanpage FB, IG : @Wartawan Bangkotan, @IniWisataKuliner Email: aliemhalvaima@yahoo.com, nurdaeng@gmail.com