Samantha Edithso Jagoan Catur Cepat dari Bandung

Samantha masih punya peluang besar untuk menambah pundi-pundi juara dunianya. Ada yang mau menjadi sponsor?

Selasa, 9 April 2019 | 21:08 WIB
0
955
Samantha Edithso Jagoan Catur Cepat dari Bandung
Samantha Edithso (Foto: Liputan6.com)

Pecatur cilik asal Bandung, Samantha Edithso, adalah pemain catur cepat yang handal. Tidak heran karena ia adalah juara dunia catur cepat U10 yang diraihnya di Minsk, Belarusia, pada akhir Juni 2018 lalu.

Pada turnamen catur terbuka Piala 3M Ke-2 Tahun 2019 yang berlangsung seharian di Mall Click Square, Bandung, Sabtu kemarin, Samantha meraih peringkat dua kategori Non Master.

Meskipun judulnya kategori Non Master namun turnamen ini sangatlah kuat karena diikuti oleh 340 peserta. Judulnya saja No Master tetapi banyak juga Master Gelap yang ikut mengadu ilmu. Tetapi dengan format catur cepat 10 menit plus 3 detik increment banyak pula yang belum terbiasa dan tumbang.

Dari 9 babak, Samantha tidak pernah kalah dengan membukukan tujuh kali menang dan dua kali remis. Sayang, pada babak terakhir Samantha yang sekarang berusia 11 tahun ini gagal menaklukkan Maruntung Bentap dan harus puas dengan hasil remis.

Maruntung akhirnya tampil sebagai juara pertama dan meraih hadiah 10 juta rupiah. Sebagai runner-up Samantha berhak mendapatkan hadiah sebesar 7 juta rupiah. Hasil yang lumayan dari seharian bermain catur di mall.

Pujian pantas dialamatkan kepada mantan anggota DPR M Hatta Taliwang, juga politikus PDIP, Maruarar Sirait, dan politikus Golkar, Misbakhun, yang menjadi sponsor utama turnamen ini dengan menyediakan total uang hadiah sebesar Rp. 141.550.000.

Ini bukan baru pertama kali trio penggemar catur ini menjadi sponsor. Pada akhir bulan Januari lalu, turnamen yang sama juga digelar di GOR Pasar Minggu, Jakarta Selatan, dengan total hadiah sebesar Rp.119.400.000. Ini membuat dunia percaturan kita menjadi sangat bergairah. Jadi berterima kasihlah kepada Bapak-Bapak ini.

Namun terlepas dari semua itu, saya masih tetap berharap Samantha ikut turnamen World Cadet U12 Rapid and Blitz Chess Championships 2019, di Minsk, Belarus pada 15 Agustus 2019. Masih ada waktu sekitar empat bulan lagi untuk mempersiapkan diri.

Samantha masih punya peluang besar untuk menambah pundi-pundi juara dunianya. Ada yang mau menjadi sponsor? Trio M barangkali?

***