Anak Ini Rebut Gelar Juara Dunia Catur Klasik 2019

Dengan gelar juara dunia yang diraihnya ini, Alice membuktikan bahwa gelar Chess Expert itu memang layak disandangnya.

Senin, 2 September 2019 | 07:02 WIB
0
238
Anak Ini Rebut Gelar Juara Dunia Catur Klasik 2019
Alice Lee (Foto: Imsa.cn)

Luar biasa Alice Lee. Pada penampilan pertamanya di pentas internasional, ia langsung meraih gelar juara dunia catur klasik U-10 di FIDE World Cadet Chess Championships 2019 yang berlangsung di Weifang, China, sejak 20 Agustus lalu.

Peraih gelar Chess Expert termuda di AS pada usia 8 tahun ini mencetak 10 poin dari 11 babak hasil dari sembilan kali menang dan dua kali remis tanpa pernah kalah.

Lee sebenarnya dibuntuti secara ketat oleh pecatur China WCM Yining Chen dengan poin sama namun Lee unggul dalam perhitungan tiebreak sehingga Chen harus puas menempati peringkat kedua.

Kunci sukses Alice Lee menjuarai turnamen ini dimulai saat ia menaklukkan unggulan pertama Rachael Li, rekan senegaranya, pada babak keenam. Lee kemudian mengambil alih pimpinan klasemen setelah menang dari pecatur Kazakhstan, Elnaz Kaliakhme, pada babak ke-8. Rachael sendiri berakhir di peringkat ketiga.

Saya sendiri sendiri tidak begitu terkejut dengan hasil yang didapat oleh Lee ini. Sejak ia meraih gelar Chess Expert termuda di AS pada usia 8 tahun dan memecahkan rekor Rachael Li lebih cepat beberapa hari saya sudah yakin bahwa Lee memang memiliki bakat catur yang istimewa.

Chess Expert adalah gelar yang diberikan Federasi Catur Amerika Serikat (USCF) kepada pecatur yang memiliki Elo rating USCF 2000 hingga 2199. Ini bukan gelar seumur hidup. Jika ratingnya turun di bawah 2000 ia bukan lagi Chess Expert.

Dengan gelar juara dunia yang diraihnya ini, Alice membuktikan bahwa gelar Chess Expert itu memang layak disandangnya.

***