Sisi Lain Meteor Catur India, Arjun Erigaisi

Arjun meraih gelar GM pada usia 14 tahun 11 bulan 12 hari. Jauh lebih cepat delapan hari dari GM Fabiano Caruana.

Jumat, 26 Agustus 2022 | 10:56 WIB
0
120
Sisi Lain Meteor Catur India, Arjun Erigaisi
Arjun Erigaisi (Foto: Kristianus Liem)

Satu lagi pecatur muda asal India yang memiliki bakat catur istimewa selain Gukesh, Nihal Sarin dan Praggnanandhaa adalah GM Arjun Erigaisi. 

Bulan Mei lalu rating Arjun baru 2567 namun hanya dalam waktu 16 bulan Elo ratingnya sudah meningkat menjadi 2724 setelah dirinya menjuarai Abu Dhabi Masters kemarin.

Pecatur berusia 18 tahun ini sekarang sudah menempati peringkat 24 dunia pada live rating.

Siapa Arjun Erigaisi?

Arjun lahir pada 3 September 2003 di negara bagian Telangana, India. Ia mulai main catur pada usia 8 tahun namun hanya untuk sekedar bersenang-senang dengan teman-temannya.

Tetapi catur bagi Arjun secara bertahap mulai berubah dari semula hanya hobi menjadi passion setelah dia mulai merebut gelar juara di berbagai turnamen catur yang diikutinya.

Passion adalah sesuatu yang tidak pernah kita bosan untuk melakukannya. 

Ayahnya, Dr Srinivas Rao mulai mengarahkan Arjun menjadi seorang pecatur profesional pada usia 11 tahun. Ia dilatih oleh pelatih catur terkenal asal Israel GM Victor Mikhalevski. Arjun berlatih catur sembilan jam sehari. 

“Tapi saya tidak pernah merasa lelah atau bosan karena saya sendiri sangat menyukainya,” kata Arjun. 

Hal yang mengagumkan dari Arjun adalah dia mendapatkan 3 norma IM dan 3 norma GM-nya hanya dalam waktu 8 bulan. Arjun memang banyak bepergian untuk mengikuti turnamen dalam kurun waktu itu.

Apa keistimewaan Arjun? Mikhalevski mengatakan anak didiknya itu memiliki pemahaman posisi dan kecepatan kalkulasi yang istimewa.

Arjun tidak pernah takut menghadapi lawan yang ratingnya lebih tinggi dari dia. Itu yang membuatnya cepat berkembang.

Arjun meraih gelar GM pada usia 14 tahun 11 bulan 12 hari. Jauh lebih cepat delapan hari dari GM Fabiano Caruana.

Pada turnamen Lindores Abbey Blitz, sepak-terjang Arjun Erigaisi seperti tak terbendung. Memang hanya menempati peringkat ke-3 meskipun sama-sama mencetak 13½ poin dengan GM Fabiano Caruana, namun penampilannya sungguh mengundang decak kagum para penikmat catur blitz. 

Arjun memulai turnamen sebagai unggulan ke-39, tetapi ia mampu menaklukkan GM Levon Aronian (2767) 2-0, GM David Howell (2666) 2-0, GM Rauf Mamedov (2678) 2-0 dan satu kali mengalahkan Caruana.

Meski sudah kehabisan stamina, Arjun masih sempat menghajar GM Anton Korobov 2-0 di dua laga terakhir. Uniknya hanya GM Kirill Shevchenko (2574) sang juara yang mampu menundukkannya 2-0.

Berkat prestasinya ini Arjun berhasil meraup 107 poin sehingga rating blitz-nya naik menjadi 2723. Arjun menempati peringkat ke-32 dunia catur blitz dan nomor 3 di India di bawah GM Vishy Anand (2825) dan GM Vidit Gujrathi (2739).

Sepertinya prediksi GM Magnus Carlsen bahwa beberapa pecatur muda India akan menembus top 10 dunia dalam waktu dekat akan menjadi kenyataan.

Di dalam gambar terlihat FM Novendra Priasmoro tengah berhadapan dengan FM Arjun Erigaisi di Penang Open 2017 di panggung utama yang dimenangkan oleh Novendra.

***