Daniil Dubov, Menjadi Juara Dunia Atau Sekadar Mengejar Uang?

Tetapi setelah melihat situasi seperti ini, semangat apa yang didapatnya dari pecatur terbaik di planet itu?

Sabtu, 1 Januari 2022 | 08:27 WIB
0
195
Daniil Dubov,  Menjadi Juara Dunia Atau Sekadar Mengejar Uang?
Daniil Dubov (Foto: Mark Livshitz)

Masih dari Kejuaraan Dunia Catur Blitz 2021. Satu babak sebelum turnamen berakhir ada 6 pecatur yang memiliki peluang untuk jadi juara karena mereka sama-sama menorehkan 14 poin.

Urutannya adalah Aronian, Dubov, Artemiev, Duda, MVL, dan Alireza. Pairing babak terakhir mempertemukan Aronian vs Alireza, Artemiev vs Duda, Dubov vs Giri dan MVL vs Carlsen.

Hasilnya MVL, Duda, dan Alireza yang menang membuat merekasama-sama memiliki 15 poin. Seperti sudah kita ketahui bersama MVL dan Duda yang maju ke babak playoff sementara Alireza harus puas dengan medali perunggu sebab kalah dalam perhitungan tiebreak.

Pertanyaan yang menggelitik adalah kenapa Dubov mau bermain remis singkat dengan Giri hanya dalam 8 langkah di babak paling krusial itu? Kenapa pecatur muda Rusia ini melepas kesempatan tampil pada babak playoff untuk merebut gelar juara hilang? 

Baiklah, dugaan yang paling masuk akal adalah dengan bermain remis Dubov akan menempati peringkat ke-4 dan dipastikan akan mendapat hadiah uang sebesar USD 30.000 atau sekitar 427 juta rupiah. Yang kedua karena lelah.

Tetapi karena tidak puas, saya mencoba mencari jawaban dari GM Peter Heine Nielsen kepala sekondan tim Carlsen di Kejuaraan Dunia di Dubai. 

"Saya tidak tahu apa yang ada dalam pikirannya. Itulah sebabnya Daniil aset yang sangat berharga di tim kami," hanya itu tulis Peter di twitternya. Agak tak nyambung.

Masih terngiang di telinga ucapan Dubov ketika dikritik saat menjadi sekondan Carlsen: "Mereka harusnya bangga bahwa saya mendapat kesempatan untuk bekerja sama dengan pecatur terbaik di planet ini sehingga bisa belajar banyak yang mungkin membantu saya jadi juara dunia kelak," katanya saat itu.

Tetapi setelah melihat situasi seperti ini, semangat apa yang didapatnya dari pecatur terbaik di planet itu? 

Apakah ada yang tahu alasan mengapa Dubov bermain remis singkat dengan Giri? Kalau bisa jawabannya jangan diawali dengan kata mungkin, karena itu kata yang sulit untuk dibantah termasuk juga kata barangkali.

***