Pak Dadang Kalahkan MI Levy Rozman, Dunia Pun Geger

Berita terakhir menyebutkan kedua belah pihak setuju untuk mengakhiri polemik dan menghapus semua postingan-postingan sebelumnya.

Kamis, 4 Maret 2021 | 21:14 WIB
0
752
Pak Dadang Kalahkan MI Levy Rozman, Dunia Pun Geger
Levy Rozman (Foto: Arsip Levy Rozman)

Gotham Chess alias Levy Rozman (25) adalah Master Internasional sekaligus Youtuber yang memiliki hampir 700 ribu subscribers.

Ia juga seorang streamer pada Twitch dan memiliki banyak penggemar karena kepiawaiannya dalam bermain catur. Dirinya kerap memberikan tips bermain catur kepada penggemarnya baik di Youtube atau tayangan langsung di Twitch.

Pada 2 Maret 2021 lalu Gotham Chess dikalahkan oleh pecatur asal Indonesia, Dadang Subur dengan nama akun Dewa_Kipas, dalam sebuah pertandingan di situs catur online, Chess.com. Namun kemenangan Dewa_Kipas ini direspon negatif dari penggemar Gotham Chess.

Diduga, para penggemar berat Gotham Chess melaporkan Dadang Subur yang dicurigai melakukan kecurangan. Alhasil, akun Dewa_Kipas milik Dadang Subur di-banned Chess.com.

Apakah benar pria berusia 60 tahun ini melakukan kecurangan? Ali Akbar anak dari Dadang Subur membantahnya. Menurut Akbar, ayahnya tidak melakukan kecurangan sama sekali dan bermain dengan jujur. Klarifikasi juga dilakukan Ali Akbar melalui laman facebook miliknya.

Bagi saya pribadi, ini bukan sesuatu hal yang istimewa di catur online. Bisa saja Levy Rozman sudah lelah saat menghadapi Pak Dadang sehingga kalah. Juara dunia GM Magnus Carlsen saja pernah takluk saat berhadapan dengan salah satu pecatur muda kita sewaktu bermain catur online di Lichess.

Hanya saja perlu dicatat pernyataan situs catur online Chess.com menanggapi hal ini:

"We would never ever ever ever close an account based on any number of reports from Gotham Chess or any other creator or their community. All closures are made by the fair play team after careful review in accordance with our fair play policy."

"Kami tidak akan akan akan pernah menutup akun berdasarkan sejumlah laporan dari Gotham Chess atau komunitas catur lainnya. Semua penutupan dilakukan oleh tim fair play setelah ditinjau secara cermat sesuai dengan kebijakan fair play kami."

Berita terakhir menyebutkan kedua belah pihak setuju untuk mengakhiri polemik dan menghapus semua postingan-postingan sebelumnya.

***