Korsel Tawarkan Diri Jadi Tuan Rumah Piala Dunia

Dengan demikian ada dua pecatur berdarah Korea yang akan tampil jika Piala Dunia 2023 ini jadi digelar pada 2023.

Jumat, 5 Agustus 2022 | 06:37 WIB
0
67
Korsel Tawarkan Diri Jadi Tuan Rumah  Piala Dunia
Christopher Yoo (Foto: John Hartman)

Dalam sebuah wawancara di Olimpiade Catur 2022 di Chennai kemarin, Hyun In Suk, Presiden Federasi Catur Korea Selatan dengan bangga mengumumkan minat mereka untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia Catur 2023.

Ini adalah berita mengejutkan bagi dunia catur karena selama ini Korea Selatan belum pernah menjadi tuan rumah even besar seperti Piala Dunia ini.

Catur memang kurang populer di Korsel. Mereka baru mempunyai satu pecatur bergelar GM, dua IM dan satu FM. Korea sebenarnya mengincar untuk menjadi tuan rumah Olimpiade Catur 2026, tetapi Olimpiade butuh waktu banyak untuk mempersiapkannya. 

Sementara itu Korea Selatan tidak ingin menunggu bertahun-tahun sehingga memutuskan untuk menyelenggarakan Piala Dunia yang waktunya lebih dekat dan sebagai penyelenggara mereka bisa menominasikan salah satu pecatur mereka untuk ikut bermain di turnamen ini.

Sebenarnya masih ada satu pecatur berdarah Korea yang sudah memastikan diri lolos ke turnamen ini. Dia adalah GM Christopher Yoo.

Christopher Yoo lolos setelah meraih posisi runner up di turnamen American Continental Championship 2022 di El Salvador pada pada 2-10 Mei 2022 lalu.

Dengan demikian ada dua pecatur berdarah Korea yang akan tampil jika Piala Dunia 2023 ini jadi digelar pada 2023. 

Berita bagusnya FIDE sangat mendukung niat Korea Selatan ini.

***