Tennis Grunting, "Aah Uuh Aah Uuh..."

Simbahnya grunting ini malah pernah “diukur” kekerasan lengkingannya. Lenguhan tenisnya Seles konon mencapai 90 decibel saat di lapangan tenis.

Selasa, 6 Juli 2021 | 08:15 WIB
0
122
Tennis Grunting, "Aah Uuh Aah Uuh..."
Petenis putri (Foto: Theconversation.com)

Aah, uuh, aah, uuh.... seraya melayangkan pukulan itu sangat lazim di kalangan petenis dunia. Macam-macam sebutannya. Ada yang menyebutnya tennis grunting, tennis screeching, moaning, screaming. Apalah kata...

Tennis grunting saat ini bukan hal aneh. Banyak petenis top, utamanya perempuan, yang aah, uuh, aah, uuh dan berakhir dengan pekikan. Maka kalau Maria Sharapova Si Ratu Grunting berhadapan dengan Serena Williams? Waduh, aah, uuh, aah, uuh ini akan seru sekali.

Dan repotnya, penonton pun bersoraknya juga riuh rendah. Sekarang malah grunting, screeching, moaning ini masih ditambah dengan screaming di akhir adu pukulan, adu reli yang aah, uuh, aah, uuh. What a shot!

Monica Seles di tahun 1990-an selalu disebut sebagai “simbahnya grunting”, pelopornya grunting. The creator of Tennis Grunting. Seles (saya pernah menyaksikan sendiri aah, uuh, aah, uuh nya langsung di ‘belakang punggung’nya di Australia Open, French Open dan Wimbledon di awal 1990-an).

Simbahnya grunting ini malah pernah “diukur” kekerasan lengkingannya.

Lenguhan tenisnya Seles konon mencapai 90 decibel saat di lapangan tenis. Sangat sering ditanya wartawan jika jumpa pers usai tanding, apa kata dia tentang lenguhan, ringkikan, pekikannya itu?

“Ada yang suka, ada juga yang membencinya,” kata Seles, menjawab enteng pertanyaan wartawan tenis, Tennis 365. Nah, setelah fenomena grunting di tahun 1990-an ini “dipopulerkan” Monica Seles, maka bermunculan petenis-petenis dunia pelenguh di lapangan tenis 1980-an.

Ada Gabriella Sabatini dari Argentina, Steffi Graf juga tak mau ketinggalan, walau tak seheboh Monica Seles. Terakhir belakangan ini ya Maria Sharapova dan Serena Williams, yang tak puas hanya melenguh, akan tetapi juga “screaming” menjerit setelah akhir pertarungan aah, uuh, aah, uuh. Piye jal?

Nah, untuk sekadar hiburan mumpung lagi mulai pertandingan tenis akbar seri Grand Slam, Wimbledon di Church Road, Inggris, di bawah ini ada salah satu rekaman YouTube yang seru soal “Top Tennis Grunts”.

Nah, silakan...

Jimmy S. Harianto

JIMMY S HARIANTO (01/07/2021)