Generasi Emas Catur Uzbekistan

Nodirbek Abdusattorov cs sudah dipersiapkan sejak dari sekarang untuk mewakili Uzbekistan di Olimpiade Catur 2024.

Sabtu, 30 Maret 2019 | 08:57 WIB
0
1120
Generasi Emas Catur Uzbekistan
Para pecatur muda Uzbekistan (Foto: Niklesh Jain)

Dua pecatur muda Uzbekistan GM Javokhir Sindarov (14) dan GM Nodirbek Abdusattorov (15) di Sharjah Masters 2019. Javokhir adalah peraih gelar GM termuda ketiga di dunia setelah Sergey Karjakin dan Gukesh Dommaraju.

Ia meraih gelar GM diusia 12 tahun 10 bulan 5 hari. Ia baru sekali kalah di turnamen ini dari pecatur muda Iran GM Alireza Firouzja (15) pada babak keempat.

Nodirbek Abdusattorov sendiri belum terkalahkan dari tujuh babak dan kini mengumpulkan 5 poin dan untuk sementara menduduki peringkat ke-21. Ia juga diunggulkan di peringkat 21 saat memulai turnamen ini.

Generasi emas catur Uzbekistan lainnya adalah IM Nodirbek Yakubboev (17). Meskipun gelarnya baru IM tetapi Elo ratingnya sedikit lebih tinggi dari Abdusattorov yakni 2569 sementara Nodir 2560.

Yakubboev tampil mengejutkan pada babak keenam setelah menggulung unggulan ketiga, GM Le Quang Liem (2715) dari Vietnam. Sayang, pada babak ketujuh ia tersandung di tangan GM Yuriy Kryvoruchko (2680) dari Ukraina. Meskipun demikian peringkatnya masih lebih baik dari Nodir. Ia kini berada di posisi ke-19.

Satu lagi generasi emas berikutnya dari Uzbekistan adalah IM Shamsiddin Vokhidov (2494). Pecatur berusia 17 tahun ini juga belum terkalahkan dari tujuh babak dengan torehan 5½ poin dan saat ini menempati peringkat ke-7 klasemen sementara. Terbaik dari seluruh pecatur Uzbekistan.

Menurut Bunawan Bong yang mendampingi GM Susanto di Sharjah Masters, ia sempat berbincang-bincang dengan Husan Turdialiev, arbiter asal Uzbekistan saat sarapan di hotel.

Husan mengatakan, GM Nodirbek Abdusattorov, GM Javokhir Sindarov, IM Nodirbek Yakubboev, dan IM Shamsiddin Vokhidov sudah dipersiapkan sejak dari sekarang untuk mewakili Uzbekistan di Olimpiade Catur 2024.

Masih menurut Pak Bunawan, mereka itu memang dilatih secara sistematik dan berjenjang. Tak heran anak-anak muda ini berkembang sangat cepat.

Saya jadi ingat, kita baru tahu pecatur Indonesia yang dikirim ke Olimpiade Catur setelah ada foto-foto mereka di Terminal Keberangkatan di Bandara Soekarno-Hatta.

***