Addie MS, Tuduhan "Die Hard" Jokowi dan Orkestrasi Karaoke Nasional

Selamat menikmati karaoke nasional lagu “Tanah Airku” karya Ibu Soed persembahan Addie MS ini. Saya suka dengan vokal suara Helena dari Yogyakarta.

Selasa, 25 Agustus 2020 | 08:22 WIB
0
50
Addie MS, Tuduhan "Die Hard" Jokowi dan Orkestrasi Karaoke Nasional
Addie MS (Foto: kapanlagi.com)

Addie MS adalah musisi dan penata musik yang tak diragukan lagi nasionalisme-nya. Darah merah putih dalam diri Addie itu mengalir deras dari kakeknya, H. Mohammad Soesilo, yang berkarib dengan Presiden Soekarno sebagai sesama arsitek dan planolog (ahli penataan dan pembangunan kawasaan pemukiman).

Asal tahu saja kakek Addie dipercaya Presiden Soekarno untuk membangun dan menata pemukiman di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, sebagai tempat tinggal baru bagi warga yang rumahnya tergusur pembangunan kompleks olahraga Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta Pusat, pada awal tahun 60-an.

Addie dekat dengan semua presiden, tentu saja selain Presiden Soekarno karena saat itu ia masih kecil. Addie, yang kini lebih dikenal sebagai seorang komposer dan dirigen orkestra, pernah tampil di depan semua presiden. Termasuk Presiden Jokowi.

Bahkan Addie sampai “dicap dan dituduh” sebagai “die hard dan buzzer” Presiden Jokowi - padahal seperti kebanyakan relawan pencinta Presiden Jokowi lainnya - ia tak pernah menerima sepeserpun uang dari kantong Presiden Jokowi.

Akibatnya ia sering dirudung dan dimaki-maki para pembenci Presiden Jokowi tapi Addie tak pernah peduli malah membalas hinaan dan sumpah serapah mereka dengan kata-kata sopan, penuh kasih, dan mendoakan mereka untuk menyadari kekeliruannya.

Apa yang dilakukan Addie adalah bentuk perjuangan mencintai dan memajukan negara dan Tanah Air tempat ia hidup. Maka ia selalu mendukung program pemerintah yang menurut keyakinannya dapat membawa bangsa Indonesia lebih baik, maju, dan hebat.

Addie mendukung anjuran Presiden Jokowi untuk melakukan sesuatu yang “out of the box” dan langkah-langkah “extra ordinary” dalam adaptasi kebiasaan baru, new normal, menyikapi wabah coronavirus yang melanda 215 negara di seluruh dunia termasuk Indonesia.

Merayakan Hari Kemerdekaan ke-75 Republik Indonesia pada 17 Agustus 2020 tahun ini Addie mempersembahkan satu gubahan komposisi lagu nasional karya Ibu Soed berjudul “Tanah Airku” yang begitu menyentuh hati dan perasaan kita yang bangga sebagai bangsa Indonesia.

Addie berhasil menghimpun 1678 putera-puteri dari seluruh Indonesia - dengan menampilkan sepuluh peserta terbaik sebagai penyanyi utama - untuk ikut bernyanyi bersama-sama dalam satu orkestrasi virtual sebagai bentuk baru orkestrasi di masa pandemi ini.

Orkestrasi virtual yang disebut sebagai “karaoke nasional” ini menjadi satu karya yang “out of the box” dan “extra ordinary” yang dapat menginspirasi musisi ataupun para pekerja seni lainnya untuk terus tetap bersemangat mencipta karya di masa sulit ini.

Menurut saya pribadi, dengan rekam jejaknya yang panjang sebagai pekerja seni yang sungguh-sungguh mencintai Tanah Air-nya, Addie MS pantas diberi tantangan dan tanggungjawab sebagai Menparekraf bila satu saat Presiden Joko Widodo jadi melakukan perombakan menteri-menterinya.

Selamat menikmati karaoke nasional lagu “Tanah Airku” karya Ibu Soed persembahan Addie MS ini. Saya suka dengan vokal suara Helena dari Yogyakarta. 

***