Kemuliaan Seorang Pengusaha dan Seorang Pegawai Tetap

Kemuliaan terletak pada sikap profesional terhadap tanggungjawab pekerjaannya, apapun jenis profesinya.

Sabtu, 24 Desember 2022 | 18:57 WIB
0
43
Kemuliaan Seorang Pengusaha dan Seorang Pegawai Tetap
Seragam (Foto: radewata.com)

Oh tertipudayalah pegawai tetap, pegawai negeri, pegawai swasta, yang mengira yang membayang-bayangkan betapa enaknya kehidupan seorang entrepeneur, seorang pengusaha, sehingga mempunyai hasrat yang menggebu-gebu untuk meninggalkan pekerjaannya.

Sesungguhnyalah jam kerja seorang pengusaha itu tidak tetap, tidak kenal pagi siang dan malam. Sekiranya udah suksespun, toh bukan mudah mempertahankan maupun memajukembangkan kesuksesan tersebut. Secara keduniawian, pemikirannya tidak pernah benar-benar tenang, staminanya selalu terkuras.

Oh please, don't get me wrong...

Samasekali tidak ada maksud mencegah atau melarang seseorang menjadi seorang pengusaha. Hanya sekedar sharing pengalaman dan inspirasi dari seseorang yang sedang belajar menjadi seorang pengusaha.

Setiap insan mempunyai niche-nya sendiri-sendiri, memiliki passionnya masing-masing, dianugerahi keahlian-keahlian atau bakat-bakat yang unik.

Tak ada argumentasi yang benar-benar kuat dan valid untuk mengatakan bahwa seorang pengusaha itu lebih hebat, lebih mulia, lebih bergengsi daripada jadi seorang pegawai tetap.

Dalam hal ini, kemuliaannya terletak pada sikap profesional terhadap tanggungjawab pekerjaannya, apapun jenis profesinya.

Tulisan singkat ini saya akhiri dengan mengatakan bahwa itu semua kembali kepada keputusan masing-masing dan siap menerima segala konsekuensi dari keputusan tersebut.

(- Rahmad Agus Koto -)