Wow, Inilah Beberapa Prospek Kerja Untuk Lulusan Ekonomi Pembangunan

Senin, 9 Oktober 2023 | 17:55 WIB
0
29
Wow, Inilah Beberapa Prospek Kerja Untuk Lulusan Ekonomi Pembangunan
Prospek Kerja Untuk Lulusan Ekonomi Pembangunan

Selain akuntansi, salah satu jurusan ekonomi yang juga diminati adalah ekonomi pembangunan. Alasannya sama dengan jurusan akuntansi karena prospek kerjanya lumayan banyak dengan gaji yang sebanding.

Jadi, bagi Anda yang ingin mengambil jurusan ekonomi pembangunan tidak perlu khawatir dengan karir Anda. Berikut beberapa Prospek Kerja lulusan ekonomi pembangunan yang akan membuat Anda semakin yakin dengan jurusan ini. 

Prospek Kerja Untuk Lulusan Ekonomi Pembangunan

Staf Pengembangan Dan Penelitian

Jika Anda menyukai pekerjaan yang melibatkan penelitian, maka profesi ini cocok untuk Anda. Dimana hasil pekerjaan Anda akan digunakan untuk tujuan jangka panjang suatu perusahaan. Dana yang diberikan perusahaan akan digunakan untuk memastikan standar kualitas, apakah sudah tercapai atau masih perlu ditingkatkan.

Jadi, setiap harinya Anda dan tim akan melakukan serangkaian pengembangan demi kemajuan perusahaan. Tak heran jika perusahaan berani memberi Anda gaji yang layak. Freshgraduate biasanya digaji antara Rp 5-6 juta per bulan.

Business Analyst

Anda mungkin mengira profesi ini milik lulusan manajemen, namun nyatanya tidak. Tugas Anda di sini adalah melakukan sejumlah analisis, terutama mengenai perilaku konsumen dalam membeli barang. 

Hasil analisis ini akan digunakan untuk meningkatkan kualitas dan kualitas perusahaan. Ada lima tahapan yang dilakukan saat bekerja, yakni inisiasi, perencanaan, pelaksanaan, pemantauan, dan pembuatan laporan. Gaji untuk karyawan yang bekerja disini sekitar Rp4-12 juta per bulan.

Credit Analyst

Jika Anda tertarik dengan kegiatan yang berkaitan dengan analisis laporan keuangan dan inventaris perusahaan, Anda bisa melirik profesi ini. Anda juga akan menilai dan membuat pedoman mengenai kelayakan kredit bagi nasabah yang ingin meminjam dalam jumlah besar. Jangan sampai merugikan perusahaan ya!

Sekilas performanya terlihat rumit, namun aktualisasinya seru banget lho! Anda akan mendapatkan banyak pengetahuan tentang kredit. Selain itu, gaji yang diterima berkisar Rp6-8 juta per bulan.

Aktuaris

Lulusan ekonomi pembangunan juga bisa melirik profesi ini, yaitu aktuaris. Tugasnya adalah membuat rencana produk asuransi dan premi yang dibayarkan polis, menentukan status keuangan, dan membuat proyeksi keuangan perusahaan dalam jangka pendek, menengah, dan panjang.

Profesi ini cukup digemari, apalagi kebutuhan akan asuransi semakin meningkat di era modern. Seringkali perusahaan membuka lowongan kerja untuk profesi ini dengan kisaran gaji Rp 4-7 juta per bulan.

Pegawai Instansi Pemerintahan

Bagi yang dari dulu ingin bekerja di instansi pemerintahan atau daerah, bisa banget melirik jurusan ekonomi pembangunan. Pasalnya, peluang berkarir di instansi pemerintah terbuka lebar. Tentu saja ruang lingkup kerjanya berkisar pada pembuatan rencana-rencana terbaik yang akan dilaksanakan bagi pembangunan nasional.

Selain itu, Anda juga berkesempatan mengambil kebijakan dan melakukan analisis terkait pertumbuhan ekonomi. Yang tak kalah menarik dari profesi ini adalah masa depannya sudah bisa dijamin bagus. Gajinya berkisar Rp 3-6 juta per bulan.

Pegawai Bank

Tertarik dengan tempat kerja yang rapi, bersih dan nyaman? Anda bisa mendaftar menjadi pegawai bank baik pemerintah maupun swasta. Bukan front office, tapi back office, kalaupun punya pengalaman bisa dipromosikan ke posisi supervisor atau manajer.

Beberapa lowongan kerja pegawai bank yang sering dibuka adalah account officer, fund officer, auditor, broker saham dan sales di lembaga keuangan. Soal besaran gajinya, tidak perlu ditanyakan. Kisaran 4-7 juta per bulan untuk freshgraduate dengan sejumlah bonus tinggi.

Juru Taksir

Jika Anda suka memperkirakan harga properti atau aset berharga lainnya, jadilah penilai. Selain memperkirakan harga suatu barang, Anda juga bertugas menganalisis penjualan, melakukan perhitungan, menyusun, dan melakukan kajian pasar secara berkala. Tujuannya agar harga yang ditetapkan tidak menyimpang dari nilai pasar, sehingga perusahaan dan klien tidak dirugikan.

Sebelum menjadi penilai kompeten yang dapat memvalidasi nilai suatu aset, Anda harus mengikuti sejumlah pelatihan terlebih dahulu. Namun gaji bulanannya masih berkisar Rp 5-7 juta.

Dosen

Prospek kerja akhir bagi lulusan ekonomi pembangunan adalah sebagai dosen. Profesi yang mulia, cocok bagi anda yang mempunyai bakat dalam bidang mengajar. Tugas dan tanggung jawabnya sama persis dengan dosen-dosen yang pernah mengajar di perguruan tinggi dahulu.

Dosen juga mempunyai jenjang karir yang akan dinilai berdasarkan pendidikan, jumlah penelitian dan masa mengajar. Gajinya bervariasi sesuai jam terbang dosen. Dalam satu bulan Anda bisa mendapat gaji minimal Rp 6-8 juta.

Pebisnis Atau Wirausahawan

Memiliki pengetahuan dasar ilmu ekonomi dan manajemen bisa sangat membantu bagi Anda lulusan ekonomi pembangunan untuk membuka usaha sendiri. Baik itu bisnis kuliner, pakaian atau jenis bisnis apa pun. Sebab, Anda telah belajar cara menganalisis dan mengembangkan dengan baik selama kuliah.

Sebab pendapatan seorang pengusaha tidak bisa diukur. Tergantung dari skala bisnis yang Anda jalankan, Anda bisa memperoleh penghasilan mulai dari jutaan hingga ratusan juta rupiah. Asalkan Anda gigih dalam menjalankan bisnis dan selalu bangkit dan belajar dari setiap kegagalan.

Demikian ulasan artikel tentang Wow, Inilah Beberapa Prospek Kerja Untuk Lulusan Ekonomi Pembangunan seperti yang dilansir indobet slot. Semoga bermanfaat.