CSR [40] CSR di Masa Turbulen dan Jalan ke Depan untuk Perusahaan

Walaupun kita tidak mengharapkan korporasi menjadi semua lembek dan ideologis, namun, ada beberapa Redlines yang kita sebagai spesies tidak dapat dilewati.

Rabu, 5 Agustus 2020 | 11:28 WIB
0
267
CSR [40] CSR di Masa Turbulen dan Jalan ke Depan untuk Perusahaan
ilustr: BSR

The Best of Times, dan the Worst of Times, serta CSR

Bahkan di masa normal dan tenang, CSR atau Tanggung Jawab Sosial Perusahaan adalah Fig Leap yang dipekerjakan oleh korporat dan pemimpin bisnis yang memimpin mereka untuk memuaskan dan memuaskan hati nurani mereka bahwa mereka memang mengurus kebutuhan lingkungan dan sosial dan pada saat yang sama, memastikan bahwa organisasi mereka secara aktif mencari keuntungan dalam pendekatan mereka.

Memang, sudah menjadi rahasia umum bahwa CSR sering menjadi eufemisme untuk Green Washing di mana perusahaan "memutar" penjangkauan sosial mereka sebagai membuat perbedaan sedangkan pada kenyataannya, ini lebih merupakan kegiatan bisnis yang biasa merajalela yang sama.

Meskipun pemerintah membatasi korporasi untuk menyisihkan sejumlah tertentu dari keuntungan mereka untuk CSR, sebagian besar kegiatan seperti itu biasanya tontonan ketika dibandingkan dengan apa yang dikenal sebagai Business As Usual.

Dengan demikian, CSR di saat terbaik adalah bentuk lain dari memberi kembali ketika mengambil dari masyarakat lebih dari yang sebelumnya.

Tentu saja, seseorang tidak dapat memenuhi seluruh dunia korporat dengan kuas yang sama dan ada dan telah menjadi pengecualian terhormat di mana para pemimpin bisnis visioner seperti JRD Tata dan sampai batas tertentu, NR Narayana Murthy, yang menaruh uang mereka di mulut mereka di kedua arti harfiah dan kiasan.

CSR di Saat Turbulensi dan Pergolakan

Beralih ke masa sekarang ketika sistem dunia berada dalam keadaan pergolakan dan kepastian lama memudar dan di mana model bisnis sedang terganggu oleh jam, orang bertanya-tanya tentang berapa banyak masalah CSR dan sejauh mana itu benar-benar dikejar .

Memang, bagaimana orang bisa mengharapkan perusahaan untuk mengaktualisasikan praktik CSR "ideal" ketika kelangsungan hidup mereka dipertaruhkan dan di mana "suara" yang tak henti-hentinya berasal dari 24/7 Media dan Media Sosial "menenggelamkan" suara-suara nalar?

Dengan kata lain, ketika kita manusia memprioritaskan keselamatan dan kelangsungan hidup segera daripada kebutuhan lain, bahkan korporasi dan pemimpin bisnis yang juga manusia dan dihuni manusia akan terpaksa meninggalkan kepura-puraan CSR dan sebagai gantinya, fokus untuk mengalahkan pesaing mereka.

Ini adalah alasan mengapa dalam beberapa tahun terakhir, ada banyak contoh kebutuhan lingkungan dan sosial yang "dikorbankan" di "altar kelangsungan hidup".

Sebagai contoh, kita membaca di berita hampir setiap hari dari berbagai regulator di seluruh dunia yang ditugaskan memastikan tanggung jawab lingkungan dibanjiri oleh rentetan keluhan dan kasus pelanggaran tanggung jawab tersebut oleh korporasi.

Memang, buka Surat Kabar di pagi hari dan orang dapat melihat NGT atau Pengadilan Hijau Nasional dan EPA atau Badan Perlindungan Lingkungan di Amerika Serikat mengeluarkan putusan dan perintah pada kasus yang diajukan oleh komunitas aktivis.

Lebih buruk lagi, sejak Trump terpilih sebagai Presiden, Amerika Serikat akan melakukan Throttle Penuh untuk mengembalikan perlindungan lingkungan.

Jalan ke Depan

Jadi, di saat-saat yang bergejolak seperti itu, apa yang harus dilakukan korporasi dan apa jalan ke depan bagi mereka dan para pemimpin bisnis sejauh menyangkut CSR?

Sebelum kita menjawab pertanyaan itu, penting untuk diingat bahwa perencanaan jangka panjang sama saja dengan mati dan karenanya, pemikiran ini harus diperhitungkan dan ditempatkan dalam konteks.

Dengan kata lain, sebagian besar pemimpin bisnis akhir-akhir ini telah meninggalkan orientasi liberal mereka dan sebaliknya, telah memeluk etos yang berlaku saat itu yaitu siapa pun yang menang paling keterlaluan dalam kontes untuk diperhatikan.

Apa yang diakibatkannya adalah pengabaian terhadap hak asasi manusia, lingkungan, dan masyarakat, dan orang bertanya-tanya apakah contoh pelanggaran yang tak terhitung itu membawa kita ke situasi yang sepenuhnya tidak diinginkan.

Pemimpin Bisnis di Masa Gelap

Karena itu, bahkan di masa gelap seperti itu, ada pemimpin bisnis yang masih mengangkat suara mereka dan membela tanggung jawab mereka.

Anand Mahindra, NRN, dan Bill Gates adalah beberapa visioner yang menggunakan fondasi dan ucapan publik mereka untuk mempromosikan nilai-nilai yang adil dan membela hak-hak rakyat jelata.

Di sisi lain, ada banyak aktivis yang merasa bahwa tindakan seperti itu hanya cuci mata dan mereka bersikeras bahwa bisnis perlu berbuat lebih banyak untuk menghadapi tantangan abad ke-21.

Memang, itu adalah pandangan kita juga bahwa meskipun ada rasa suram yang berlaku, para pemimpin bisnis harus mempertahankan nilai-nilai liberal sebelum terlambat.

Ini berarti CSR tidak boleh ditinggalkan dan sebaliknya, harus dikejar secara aktif.

Selain itu, para pemimpin yang berpikiran benar memiliki tanggung jawab kepada masyarakat berdasarkan ketenaran dan kredibilitas mereka untuk mendukung pandangan dan pendapat, yang meskipun berbeda dengan ideologi yang berlaku masih harus diucapkan dengan keras.

Dalam hal ini, tindakan Nike yang mengikat beberapa pemain NFL atau Liga Sepak Bola Nasional setelah mereka memprotes Trump adalah contoh bagaimana perusahaan dapat mengambil sikap.

Kesimpulan

Terakhir, walaupun kita tidak mengharapkan korporasi menjadi semua lembek dan ideologis, namun, ada beberapa Redlines yang kita sebagai spesies tidak dapat lewati dan karenanya, adalah argumen di sini bahwa kita semua dan terutama mereka yang berada dalam posisi berkuasa dalam bisnis dunia memiliki kewajiban tertentu untuk bertindak.

Lagi pula, bagaimana mereka bisa berharap untuk melanjutkan bisnis seperti biasa di Unusual Times ketika kita menghadapi keruntuhan sosial dan kerusakan lingkungan? Ini adalah hal terkecil yang dapat mereka lakukan untuk generasi mendatang.

Sebagai kesimpulannya masih sama, seperti kata pepatah, kita tidak mewarisi bumi tetapi hanya meminjamnya dari anak-anak kita.

***
Solo, Rabu, 5 Agustus 2020. 11:05 am
'salam damai penuh cinta'
Suko Waspodo
antologi puisi suko