Wirausaha dan Freelancer Ini Berbagi Tips Kesuksesan kepada Generasi Milenial

Senin, 5 Juni 2023 | 11:41 WIB
0
70
Wirausaha dan Freelancer Ini Berbagi Tips Kesuksesan kepada Generasi Milenial
Wirausaha Zailani atau akrab dipanggil Zai

Jakarta - Tak ada jalan yang mudah untuk ingin menjadi seorang wirausahawan atau freelancer sukses. Terutama mereka yang harus memulai dari nol.

Tidak hanya harus berani mengambil resiko besar dan menghadapi banyak tantangan, agar menjadi seorang wirausahawan sukses juga harus siap mengalami kegagalan dalam proses memulai atau menjalankan suatu bisnis.

Nah, bagi kamu yang tengah mempersiapkan diri menjadi seorang wirausahawan atau freelancer, serta tidak gampang menyerah, kamu bisa mengambil semangat sukses dari wirausaha Zailani atau akrab dipanggil Zai yang berhasil membangun bisnis dari nol dan menjadi sosok yang menginspirasi banyak orang.

Sekedar informasi, Zai merupakan wirausaha muda yang bergerak di bidang digital marketing dan freelancer serta topup game online. Saat ini, dirinya memiliki bisnis gocagame.com dan okedimers.com yang berada di Kawasan Jombang Wetan, Kecamatan Jombang, Kota Cilegon, Banten.

“Dahulu sempat terjun di tahun 2015 ke bisnis jasa atau po barang dan akhirnya meniatkan ingin mendirikan perusahaan ini,” ujar Zai kepada wartawan, di Jakarta, Minggu (4/6/2023).

Pada awalnya Zai pun mengalami kesulitan dalam memulai bisnisnya. Bahkan ia rela kerja apa saja demi mengumpulkan uang. Bisnisnya pun pernah nyaris bangkrut.

“Biasa saja sampai saya endorse sana sini mereka anggap tidak akan ada hasil dan zonk,” tuturnya.

Namun, Zai bangkit dari keterpurukan. Dan, ia mulai membangun bisnisnya kembali secara perlahan. Hal itu disebabkan, ia ingin membahagiakan keluarganya khususnya kedua orang tuanya.

“Sempat dahulu pernah mengalami kerugian dan saya tidak menyerah untuk membangun bisnis ini sampai berkembang dikarenakan niat dari hati saya sendiri,” jelasnya.

Dari keuntungan yang diperoleh, Zai terus mengumpulkan uang demi sedikit mewujudkan mimpinya yaitu memiliki bisnis sendiri sekaligus membuka lapangan kerja.

“Keuntungan nominal dan keuntungan mendapatkan pelanggan serta keuntunganya memang hobi saya membuat website,” urainya melanjutkan.

Bagi kamu yang ingin melihat lebih dekat dari bisnis online atau mendapatkan tips bisnis dari Zai, kamu bisa mengunjungi Instagram serta TikTok resminya di sini. Antara lain, IG : @okedimers dan @whoamzai. Dan, TikTok @okedimers dan @whoamzai.

Tips Sukses Jadi Freelancer

Di kesempatan yang sama, Zai juga membagikan tips bagi generasi muda agar sukses menjadi seorang wirausaha atau freelancer.

1.Cari Pekerjaan Sesuai Hobi

Langkah awal bagi seorang freelancer yang ingin punya penghasilan besar yaitu menekuni bidang yang digemari.  

Saat orang melihat hasil pekerjaan kita bagus, otomatis harga jasa yang juga naik dengan sendirinya. Di sisi lain, kemampuan kita juga akan berkembang.

2.Selalu Terbuka dengan Setiap Peluang

Saat menjadi pekerja freelance, kesempatan untuk mendapatkan proyek terkadang datang dengan cara yang tidak terduga. Jadi, bukalah pintu selebar-lebarnya terhadap semua kesempatan yang ada.