Tips Memilih Mesin Digital Print

Selain menjamin kualitas dan keawetan barang, biasanya distributor terpercaya juga memberikan layanan purna jual yang baik, termasuk penyediaan suku cadang yang lengkap.

Sabtu, 16 April 2022 | 04:34 WIB
0
58
Tips Memilih Mesin Digital Print
mesin printing

Digital printing merupakan salah satu alat cetak yang saat ini banyak digemari oleh para pengusaha. Pasalnya, banyaknya keunggulan mesin ini membuat pemiliknya bisa meraup banyak keuntungan dari bisnis jasa ini dan konsumen merasakan kepuasan hasil cetaknya. Namun, tidak mudah untuk memilih mesin digital printing yang tepat. Pertimbangan Sebelum Memilih Mesin Digital Printing:

Menyesuaikan dengan Target

Dalam dunia percetakan, ada beberapa target pasar yang bisa dibidik, yaitu pemerintah (seperti pilkada, pilpres, pemerintah daerah, dan sebagainya), perusahaan (seperti bank, properti, perusahaan rokok, telekomunikasi, dan lain-lain). Setiap target memiliki kriteria tersendiri dalam memilih hasil cetakan.

Misalnya bagi pemerintah yang terpenting brosur bisa dicetak dalam jumlah banyak dan murah. Artinya, mesin digital printing yang Anda gunakan harus disesuaikan dengan peruntukannya. Jangan sampai Anda mengeluarkan modal besar untuk membeli mesin dengan tingkat ketajaman yang tinggi, namun hasil yang didapat sangat minim karena salah sasaran.

Ada juga bisnis fashion di bidang pembuatan jersey printing. Mesin ini menggunakan tinta sublimasi khusus. Target pasar bisa menjangkau anak pecinta sepakbola yang biasa menggunakan jersey.

Lihat Pesaing

Ibarat perang, kamu harus memiliki senjata yang lebih canggih dari senjata musuh. Dan, mesin digital printing adalah salah satu amunisi Anda untuk memenangkan pertarungan bisnis. Lihatlah mesin apa yang digunakan pesaing Anda, baik kelebihan maupun kekurangannya.

Sebisa mungkin gunakan mesin yang memiliki keunggulan lebih sehingga bisa merebut pasar. Memiliki mesin dengan keunggulan yang sama dengan pesaing bukanlah solusi yang baik. Sebab, Anda hanya akan bermain dengan harga murah yang hanya mengurangi keuntungan yang akan Anda dapatkan.

Jika pesaing memiliki mesin yang kurang mulus, cobalah membeli mesin yang menawarkan cetakan yang bagus. Memang, dalam hal ini Anda perlu melakukan riset tentang jenis mesin yang digunakan pesaing Anda.

Tingkat Pengembalian Modal atau Keuntungan

Jangan tergoda untuk membeli mesin dengan kualitas tinggi jika digunakan secara normal. Karena mesin yang berkualitas tinggi juga memiliki harga yang mahal. Tidak akan seimbang dengan hasil jika digunakan untuk pencetakan biasa-biasa saja.

Jika hanya untuk percetakan biasa, apalagi bagi pemula yang belum banyak menerima pesanan, akan lebih baik mencari mesin dengan harga murah namun dengan kualitas yang memadai. Peningkatan kualitas mesin baru dapat dilakukan seiring dengan bertambahnya jumlah pelanggan. Dengan begitu, modal akan kembali lebih cepat.

BACA JUGA: rekomendasi usaha di masa pandemi

Memang untuk bisa mengetahui berapa lama waktu yang dibutuhkan modal untuk kembali, Anda perlu menghitung dengan cermat tingkat produktivitas mesin dengan rencana pendapatan yang rasional. Dalam hal ini, Anda harus berhati-hati dalam menghitungnya, termasuk risiko biaya mesin yang rusak.

Selain menjamin kualitas dan keawetan barang, biasanya distributor terpercaya juga memberikan layanan purna jual yang baik, termasuk penyediaan suku cadang yang lengkap. Namun, tidak mudah untuk menemukan distributor terpercaya. Anda perlu bertanya kepada orang yang pernah menggunakan jasa distributor tersebut.

***