Kewirausahaan [3] Keuangan Kewirausahaan

Senin, 10 Juni 2019 | 15:14 WIB
0
89
Kewirausahaan [3] Keuangan Kewirausahaan
ilustr: prasetyo sipit

Deskripsi

Artikel ini membahas berbagai bentuk pembiayaan untuk usaha baru. Memang benar bahwa setiap usaha baru akan membutuhkan modal dan lebih sering daripada tidak, wirausahawan membutuhkan modal yang signifikan untuk meluncurkan usaha mereka. Lebih lanjut, artikel ini juga membahas bagaimana Investor Malaikat menjadi penting dalam beberapa tahun terakhir dan meneliti bagaimana pembelian terjadi di dunia bisnis.

Kebutuhan akan Pembiayaan

Setiap usaha baru membutuhkan pembiayaan dan karenanya, wirausahawan harus memutuskan dari mana mendapatkan dana, bagaimana berinvestasi, dan berapa banyak untuk meminjam. Artikel ini membahas sumber-sumber keuangan kewirausahaan yang dapat diakses oleh wirausahawan. Memang, salah satu keasyikan utama bagi para wirausahawan adalah di mana dan dari untuk mendapatkan pendanaan untuk memulai usaha mereka dan mulai berjalan.

Bootstrap

Bentuk pembiayaan usaha ini berlaku ketika wirausahawan menginvestasikan uang mereka sendiri, atau menawarkan saham dalam usaha mereka kepada individu sebagai imbalan atas layanan mereka, serta termasuk bentuk pembiayaan lain seperti menunda pembayaran kepada mitra, menawarkan ekuitas keringat kepada karyawan dan lainnya, pemangku kepentingan, dan lain-lain. Poin penting yang perlu diperhatikan tentang bootstrap adalah bahwa hal itu dapat diaktualisasikan hanya ketika pengusaha tidak memerlukan sejumlah besar modal karena semua metode yang disebutkan di atas berkaitan dengan investasi yang terbatas dalam mobilisasi modal mereka. Aspek penting lain dari jenis pembiayaan ini adalah bahwa wirausahawan biasanya menawarkan ekuitas sebagai imbalan atas pekerjaan yang dilakukan yang merupakan bentuk pembiayaan yang tidak dimonetisasi yang dikenal sebagai ekuitas keringat.

Pembiayaan Eksternal

Jenis pembiayaan ini adalah yang paling umum untuk wirausahawan dan kategori ini mencakup semua jenis pembiayaan yang disebutkan selanjutnya. Jika dibandingkan dengan bootstrap di mana pengusaha mendapatkan uang baik dari sumber internal atau dengan menawarkan ekuitas sebagai imbalan untuk pekerjaan, pembiayaan eksternal sering kali melibatkan sumber modal dari sumber eksternal yang berwujud dan segera menghasilkan uang dari bentuk pembiayaan. Terlepas dari jenis-jenis pembiayaan eksternal yang diuraikan di bawah ini, ekuitas swasta atau ekuitas untuk investor besar dengan imbalan pembiayaan sering menjadi norma bagi para wirausahawan.

Investor Malaikat (Angel Investors)
 
Kita sering mendengar istilah Investor Malaikat diucapkan oleh pengusaha atau disebutkan dalam pers bisnis. Investor Malaikat sesuai namanya secara harfiah dan metaforis Ksatria di Shining Armor kepada para wirausahawan karena mereka tidak hanya menginvestasikan uang mereka sendiri tetapi juga dikenal untuk membimbing para wirausahawan dalam mengaktualisasikan model bisnis yang sukses. Memang, Investor Malaikat juga dikenal untuk berinvestasi dalam usaha baru sebagai sarana untuk berbuat baik bagi masyarakat serta untuk berbagi kekayaan mereka dengan pengusaha baru dan yang akan datang yang mereka (The Angel Investors) pikir memiliki ide permainan berubah.
 
Selain itu, Investor Malaikat dalam banyak kasus adalah wirausahawan yang sukses dan karenanya, membimbing wirausahawan baru dengan cara yang sama dengan manajer dan panutan mentor karyawan yang menjanjikan. Ini juga merupakan kasus bahwa dalam beberapa tahun terakhir, Angel Investors telah menginvestasikan hampir tiga kali lipat jumlah uang yang diperoleh melalui pemodal ventura.
 
Kapitalis Ventura
 
Kapitalis Ventura berbeda dari Investor Malaikat dalam arti bahwa sementara yang terakhir menginvestasikan uang mereka sendiri dan sering melakukannya untuk memberi kembali kepada masyarakat, yang pertama berinvestasi dalam usaha baru dengan modal yang diakumulasi oleh perusahaan investasi yang dikelola secara profesional dari investor swasta. Dengan kata lain, pemodal ventura sering bertindak sebagai perwakilan individu dan perwalian dengan modal untuk disisihkan dan melakukannya untuk tujuan yang berorientasi keuntungan daripada untuk investasi yang menyenangkan oleh Angel Investors.
 
Lebih lanjut, pemodal ventura memerlukan model bisnis yang menarik dan presentasi oleh para wirausahawan karena mereka berada dalam bisnis investasi untuk mendapatkan keuntungan dan karenanya, perlu menghasilkan pengembalian atas modal mereka.
 
Pembelian (Buyouts)

Jenis pembiayaan ini terjadi ketika wirausahawan menjual sahamnya dalam usaha tersebut kepada individu atau sekelompok investor. Namun, pembelian juga digunakan untuk merujuk pada contoh ketika perusahaan ekuitas swasta mengambil saham dalam usaha baru di mana saham mayoritas masih dengan pengusaha. Selain itu, pembelian adalah investasi tahap terakhir yang berarti bahwa pada saat pembelian terjadi, usaha sudah memasuki fase pertumbuhannya atau sedang dalam proses menuju profitabilitas. Karena itu, harus dicatat bahwa pembelian juga terjadi ketika investor menyadari bahwa usaha memiliki aset yang baik yang dapat mengambil pengembalian serta memiliki potensi untuk tumbuh dan menghasilkan nilai di masa depan.
 
Pembelian juga dapat bersifat permusuhan yang berarti bahwa wirausahawan mungkin dipaksa untuk melepaskan kepemilikannya dalam kasus-kasus di mana ekuitas swasta atau investor lain memutuskan bahwa perubahan kepemilikan akan baik untuk usaha tersebut. Akhirnya, pembelian terjadi ketika usaha juga dalam proses penutupan karena beberapa investor mungkin ingin mengambil aset dengan harga murah dan menjualnya sedikit demi sedikit.
 
***
Solo, Senin, 10 Juni 2019. 2:58 pm
'salam sukses penuh cinta'
Suko Waspodo
suka idea
antologi puisi suko