Bahan Tambang yang Sering Dijumpai di Indonesia

Penafsiran benda tambang merupakan sumber energi alam yang tidak bisa diperbaharui dan membagikan banyak khasiat untuk manusia.

Rabu, 15 Juni 2022 | 20:37 WIB
0
288
Bahan Tambang yang Sering Dijumpai di Indonesia
https://www.agincourtresources.com/

Terdapat bermacam tipe benda tambang di Indonesia, tetapi tahu kah Anda apa yang diartikan benda tambang itu?

Penafsiran benda tambang merupakan sumber energi alam yang tidak bisa diperbaharui dan membagikan banyak khasiat untuk manusia.

Pemanfaatan mineral bumi ini sangat luas di bermacam bidang kehidupan manusia. Mulai dari dijadikan selaku bahan bakar, bahan baku industri, bahan baku suku cadang kendaraan, bangunan, dan bermacam berbagai khasiat yang lain.

Baca Juga: Ketahui 20 Barang Tambang di Indonesia dan Persebarannya

Dikala ini, pemanfaatannya bukan cuma digunakan buat pemenuhan kebutuhan dalam negara, tetapi pula negara- negara yang lain. Ekspor bermacam mineral ini menggapai jutaan ton tiap tahunnya.

Penggolongan Benda Tambang di Indonesia serta Persebarannya

Bermacam sumber energi alam dari perut bumi ada di daerah nusantara sehingga jadi sumber pemasukan negeri. Tiap daerah mempunyai sumber energi sendiri yang jadi andalannya. Berikut merupakan 20 hasil sumber energi Indonesia dan persebarannya:

1. Batu Bara

Batu bara ialah mineral yang banyak ditemui di susunan bumi. Pemanfaatannya dapat selaku bahan bakar, bahan baku industri, pula bermacam berbagai khasiat yang lain. Segala daerah Kalimantan, Sumatra Barat, Tanjung Enim, pula Sungai Berau ialah persebaran batu bara.

2. Gas Alam

Persebaran gas alam di Indonesia meliputi daerah Aceh, Bontang, Tangguh, dan Pulau Natuna. Pemanfaatannya selaku pembangkit listrik, LPG, bahan baku industri plastik, dan bahan bakar kendaraan.

3. Emas

Persebaran logam mulia ini banyak di wilayah timur Nusantara, semacam Papua, Maluku, Sulawesi, ataupun wilayah Jawa dan Sumatera. Khasiatnya 52% terbuat perhiasan, sisanya buat bangunan, produk elektronik, pula santapan.

4. Minyak Bumi

Benda tambang di Indonesia ini mayoritas di daerah Jawa serta Sumatera, semacam Lhokseumawe, Muara Enim, Cilacap, Majalengka, Sorong, dan Kalimantan. Bisa digunakan selaku bahan bakar kendaraan ataupun pembuatan plastik.

5. Perak

Benda tambang di Indonesia satu ini banyak ditemui di daerah Bengkalis, Cikotok, Meulaboh, serta Rejang Lebong. Khasiatnya tidak hanya selaku bahan baku perhiasan pula pembuatan alat- alat rumah tangga.

Baca Juga: Ketahui Perbedaan Investasi Emas Agar Tidak Salah Berinvestasi

6. Intan

Daerah persebaran tambang intan terletak pada daerah Kalimantan, semacam Martapura. Tidak hanya jadi perhiasan, pula dapat dijadikan mata bor pada mesin sebab sifatnya keras.

7. Aluminum

Benda tambang di Indonesia berbentuk aluminium ditemui pada wilayah Papua serta dimanfaatkan selaku bahan pembuatan perlengkapan memasak, mebel, pula perkakas.

8. Belerang

Belerang ialah faktor kimia yang universal, umumnya daerah- daerah pegunungan serta gunung berapi. Misalnya daerah Dieng, Gunung Solok, Gunung Kerinci, serta yang lain. Digunakan buat industri pupuk, plastik, ataupun cat.

9. Gipsum

Pertambangan gipsum ditemui pada wilayah Cirebon, Rembang, NTB, Sulawesi Utara serta Sulawesi Selatan. Pemanfaatannya sebagian besar buat industri keramik.

10. Nikel

Logam mengilat satu ini tersebar pada daerah Pulau Sulawesi semacam Soroako serta Pomala. Khasiatnya selaku bahan kombinasi besi ataupun tembaga buat menciptakan perunggu ataupun kuningan.

Sekian penjelasan dari saya, semoga bermanfaat!

***