Kewirausahaan [2] 5 Prinsip Kewirausahaan

Memang, keseimbangan antara aspirasi batin dan harapan eksternal adalah penentu terpenting untuk sukses.

Kamis, 6 Juni 2019 | 22:55 WIB
0
360
Kewirausahaan [2] 5 Prinsip Kewirausahaan
ilustr: mnews.co.id

Wirausahawan perlu mengikuti beberapa prinsip dasar yang akan berfungsi sebagai pedoman dan suar untuk kesuksesan mereka. Berdasarkan penelitian yang dilakukan selama tiga tahun dan dengan mewawancarai lebih dari 150 wirausahawan, penulis terkenal dan pakar manajemen, Bill Murphy mengeluarkan sebuah buku tentang kewirausahaan yang diterbitkan oleh Harvard Business School.

Artikel ini didasarkan pada wawasan dari buku ini dan mencantumkan lima prinsip yang harus berfungsi sebagai penanda bagi calon dan wirausahawan yang ada.

Salah satu wawasan dari penelitian ini adalah bahwa sebagian besar prinsip-prinsip ini dapat dipelajari dari pengalaman dan proses memulai usaha adalah pengalaman pendidikan itu sendiri. Dengan pengantar ini, kita sekarang dapat beralih ke 5 prinsip kewirausahaan seperti yang dikemukakan oleh Bill Murphy berikut ini.

Selalu tidak demikian halnya bahwa wirausahawan harus menghasilkan uang dengan cepat dan ini seharusnya tidak menjadi tujuannya.

Penting bagi wirausahawan untuk menguji air sebelum meluncurkan usaha baru. Ini berarti bahwa seseorang harus berkomitmen pada cita-cita kewirausahaan dan mencoba model bisnis baru, serta bentuk dan paradigma baru dalam bertransaksi bisnis. Dengan kata lain, wirausahawan tidak boleh terburu-buru untuk mendapatkan keuntungan dari kata go dan sebaliknya, pahami apa itu kewirausahaan.

Sebagai contoh, lebih baik untuk datang dengan ide mengubah permainan daripada mengejar arahan yang buntu yang berarti bahwa pengusaha harus siap untuk berada dalam permainan untuk jangka panjang.

Selalu lebih baik untuk menemukan peluang yang tepat bahkan jika itu membutuhkan waktu daripada mengejar fatamorgana.

Prinsip ini diterjemahkan menjadi menunggu kesempatan yang tepat dan pada saat yang sama, memanfaatkan momen ketika peluang muncul. Tentu saja, kita tidak mengatakan bahwa wirausahawan harus menunggu selamanya untuk kesempatan yang tepat.

Sebaliknya, maksudnya di sini adalah bahwa wirausahawan harus memastikan bahwa mereka memiliki dasar yang diperlukan untuk memanfaatkan peluang dan juga harus memiliki ide dan model bisnis yang akan menciptakan peluang jika mereka merasa kesulitan untuk menjalankan usaha.

Misalnya, sebagai klise tentang bagaimana peluang hanya mengetuk sekali saja dan jika kita tidak menemukan peluang, bangunlah pintu sehingga kita siap ketika peluang muncul dapat diartikan bahwa wirausahawan harus menciptakan peluang sekaligus merebutnya ketika muncul.

Analogi lain adalah bahwa para wirausahawan harus siap dengan pancing dan umpan ketika mereka pergi memancing dan jika sungai, laut, atau danau jenuh, mereka harus memancing di perairan yang "samudra biru" yang berarti bahwa mereka harus menciptakan pasar baru untuk mereka sendiri.

Investasikan pada orang dan bangun tim yang sukses.
 
Seperti prinsip sebelumnya, wirausahawan harus memastikan bahwa mereka memiliki tim yang tepat sebelum memulai usaha. Lagi pula, kecuali ada tim di tempat, usaha itu tidak akan bisa memanfaatkan peluang. Lebih jauh, wirausahawan harus memastikan bahwa timnya bersemangat, berkomitmen, dan yang paling penting, berbagi visi dan misi para pendiri.

Dengan kata lain, kecuali jika ada dukungan dari tim dengan ide pendiri, usaha tersebut akan gagal.
 
Terlepas dari ini, mendapatkan orang yang tepat yang memiliki fokus, dorongan, kesetiaan, tekad, keberanian, dan konsistensi selain menjadi termotivasi dan kreatif adalah beberapa persyaratan yang pengusaha tidak mampu abaikan.
 
Selalu tidak cukup untuk memiliki semuanya. Eksekusi dan Pengiriman adalah yang penting.
 
Pernahkah kita merasa bahwa seorang wiraniaga sedang melibatkan kita dalam obrolan fasih di mana dia berusaha meyakinkan kita untuk membeli produk yang belum diuji?

Demikian pula, semua pembicaraan dan tidak ada eksekusi tidak akan mengarah pada usaha baru dan karenanya, penting bagi wirausahawan untuk memastikan bahwa mereka menjalankan pembicaraan dan memenuhi janji-janji mereka.
 
Memang, tidak cukup untuk memiliki ide mengubah permainan dan tim yang hebat di tempat kecuali wirausahawan tahu seni eksekusi. Seperti yang terjadi selama booming Dotcom, ada banyak startup dengan ide-ide hebat dan tim-tim hebat yang menjanjikan bulan bagi siapa pun yang mau mendengarkan. Namun, fakta bahwa mereka gagal dalam bisnis mereka terutama disebabkan oleh kesenjangan antara ide dan eksekusi.
 
Oleh karena itu, wirausahawan harus menjadi pemimpin yang berjalan dalam pembicaraan dan memahami arti eksekusi. Lebih jauh, kepemimpinan berarti bahwa wirausahawan tidak boleh takut akan kegagalan dan sebaliknya harus mengubah kesulitan menjadi kemenangan dan mengubah kegagalan menjadi batu loncatan menuju kesuksesan.
 
Memang, wirausahawan hebat adalah mereka yang bersedia memercayai naluri dan intuisi mereka dan mendukung diri ketika usaha belum membuahkan hasil atau bahkan membuat kerugian. Dengan kata lain, jika kita berpikir bahwa kita memiliki ide hebat dan melaksanakannya dengan baik dengan tim yang tepat, kita perlu bertahan dan terus berjalan bahkan ketika kebijaksanaan konvensional mengatakan bahwa kita salah.

Wirausahawan harus menjadi visioner yang mengaktualisasikan diri.
 
Tanyakan pada setiap wirausahawan sukses dan mereka akan mengatakan bahwa sementara uang memang penting dan laba memang penting, itu selalu bukan tentang uang atau bahwa membuat untung adalah satu-satunya hal yang penting.

Sebaliknya, kewirausahaan yang hebat adalah tentang mengindahkan suara batin, menciptakan pekerjaan dan peluang bagi orang lain, sadar akan kemakmuran masyarakat karena usaha daripada memiliki sikap saya, saya sendiri, dan yang paling penting, menerjemahkan visi mereka menjadi sukses.
 
Sebagai contoh, ada banyak dari kita yang telah mendengar atau menemukan orang-orang yang melepaskan pekerjaan yang enak untuk menemukan gairah hidup mereka dan untuk mengikuti dan mengejar impian mereka. Oleh karena itu, kewirausahaan yang sukses adalah tentang membuat perbedaan bagi dunia dan menjadi mesias sosial yang akan mengubah masyarakat dengan usahanya.
 
Akhirnya, kewirausahaan harus dilihat sebagai titik awal untuk mengubah diri sendiri dan dalam prosesnya menjadi agen perubahan. Agar ini terjadi, wirausahawan harus mampu memenuhi harapan lingkungan, sosial, dan ekonomi dari sistem yang lebih besar dan pada saat yang sama, harus mendorong diri mereka sendiri dalam mengejar impian mereka.

Memang, keseimbangan antara aspirasi batin dan harapan eksternal adalah penentu terpenting untuk sukses.
 
***
Solo, Kamis, 6 Juni 2019. 10:40 pm
'salam sukses penuh cinta'
Suko Waspodo
suka idea
antologi puisi suko