WBP Lapas Kelas I Malang Dalami Cara Budidaya Madu Klanceng

Sabtu, 10 Juni 2023 | 12:27 WIB
0
39
WBP Lapas Kelas I Malang Dalami Cara Budidaya Madu Klanceng
WBP Lapas Kelas I Malang Dalami Cara Budidaya Madu Klanceng | dok.humaslapasmalang

MALANG - Sabtu (10/6/2023) WBP Lapas Kelas I Malang Kanwil Kemenkumham Jawa Timur mendapat pendalaman materi Cara Budidaya Madu Klanceng dari awal pengenalan tentang Madu dan potensinya di Masyarakat.

Pada Kamis (08/06/2023) Bertempat di Ruang PKP (Pusat Kesetaraan Pendidikan) dh KPSD kegiatan ini digelar dengan Instruktur LKP Ganesha, Dewi Masyithoh yang memberikan pemaparan tentang pengenalan madu klanceng dibandingkan dengan jenis madu lainnya. Jenis Madu Klanceng sendiri berbeda-beda di Indonesia. Hal yang menjadi kemudahan bagi Klanceng adalah dibagian manapun di Indonesia pasti ada.

Beliau juga menjelaskan kelebihan Trigona Klanceng yakni lebahnya yang tidak menyengat, spesiesnya asli, tahan pada hama dan penyakit hingga kemudahan dalam kebutuhan makannya. Sedang keuntungan bagi petani adalah madu merupakan obat yang termaktub di berbagai kitab suci, manajemen Budidaya Madu Klanceng mudah, Biayanya perawatan rendah dan ekonomis serta harga jual madu Klanceng yang relatif tinggi dibandingkan madu ternak.

Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) yang mengikuti pendalaman materi Cara Budidaya Madu Klanceng mengikuti dengan antusias. Sesi tanya jawab pun bertambah seru dengan pertanyaan dari WBP. Selain itu ada sebagian WBP yang pernah mengetahui Budidaya Madu menjadi bekal tersendiri dalam mengikuti Pelatihan. Selepas kegiatan, Instruktur dan Kasi Bimbingan Kerja, Hamlana Riska Achmad Efendi berkeliling melihat lebih dekat kegiatan Pembinaan Kemandirian WBP serta melihat potensi tempat untuk melakukan Cara Budidaya Madu Klanceng yang tepat.

Kalapas Kelas I Malang, Heri Azhari berharap Warga Binaan dapat dengan baik menyerap ilmu di Pelatihan Budidaya Madu Klanceng ini. Ke depan dengan adanya Bimbingan Kerja Budidaya Madu Klanceng bisa jadi bekal berharga mengembangkan potensi Warga Binaan untuk berwirausaha.

Lembaga Pemasyarakatan/ Lapas Kelas I Malang Kanwil Kemenkumham Jawa Timur adalah salah satu pilot project Lapas Industri dan Zona Integrasi (ZI) Wilayah Bebas dari Korupsi / Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBK/WBBM) Unit Pelaksana Teknis/ UPT Pemasyarakatan di seluruh Indonesia. Perbaikan terus menerus dilakukan di Lapas Kelas 1 Malang ke arah yang lebih baik untuk pelayanan pada Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) maupun Masyarakat.

Lapas Kelas I Malang Kanwil Kemenkumham Jatim memiliki program pembinaan kepribadian dan kemandirian bagi seluruh WBP. Diharapkan dengan program pembinaan yang dilakukan bisa membuat WBP bisa menunjukkan penurunan tingkat resiko melakukan pidana kembali dengan berkelakukan baik juga bisa sebagai agen moral kebaikan saat telah bebas kembali ke Masyarakat. Lapas Kelas I Malang meraih Penghargaan sebagai Zona Integritas WBK (Wilayah Bebas dari Korupsi) dan WBBM (Wilayah Birokrasi Bersih Melayani). Lembaga Pemasyarakatan Kelas I Malang adalah salah satu pilot project WBK/WBBM UPT Pemasyarakatan di seluruh Indonesia.


L'SIMA PASTI APIK !
(HUMAS LAPAS KELAS I MALANG)