Ayo Mulai Perubahan dari Diri Kita, dari Apa yang Kita Bisa!

Selasa, 29 Mei 2018 | 06:15 WIB
0
769
Ayo Mulai Perubahan dari Diri Kita, dari Apa yang Kita Bisa!

 

Salam dari Singapura!

Saat ini saya sedang di Raffles Marina, dimana kapal Rainbow Warrior dari Greenpeace sedang merapat. Rabu nanti saya akan menjadi pianis pertama di dunia yg akan main piano di atas kapal itu, dan orang Indonesia pertama yang menjadi ikon atau influencer untuk kampanye Greenpeace.

Apa yang sedang kami kampanyekan? Perusakan hutan di Papua, dan Indonesia pada umumnya. Penggundulan hutan yang sedang berlangsung selama dekade terakhir telah menjadikan Indonesia sebagai penghasil emisi karbon dioksida terbesar di dunia, dan peringkat pertama untuk intensitas emisi relatif terhadap PDB.

Sejak tahun 2014, kebakaran hutan di Indonesia memproduksi lebih banyak CO2 ke atmosfer setiap hari daripada seluruh produksi CO2 di Amerika Serikat dalam satu hari, dan secara kumulatif melampaui emisi tahunan Jerman.

Tapi bukan hanya kebakaran hutan saja yang membuat Indonesia menjadi “produsen bencana” di dunia. Pencemaran laut dan sungai juga cukup parah.

Citarum, misalnya, katanya menjadi sungai terkotor di dunia menurut World Bank. Kendati merupakan sungai yang keadaan airnya jauh dari standar layak, warga di sekitar aliran sungai Citarum tetap menggantungkan hidup mereka di sini.

Persoalannya ternyata tidak sederhana, menyangkut kebutuhan untuk bertahan hidup dan ikatan emosional yang sudah lama terbentuk. Kini persoalan Citarum telah diambil oleh pemerintah pusat pimpinan Jokowi, dan syukurlah proses pembersihan Citarum sedang berlangsung.

Indonesia telah menjadi korban eksploitasi dan keserakahan penguasa begitu lama. Memperbaikinya tidak semudah membalikkan telapak tangan. Namun jika tidak ada yang tergerak untuk memulai, maka selamanya kita akan menangis merana meratapi nasib Ibu Pertiwi.

Maka ketimbang terus berteriak tanpa hasil, coba mulai duli dari Diri Kita, dari Apa yang Kita Bisa!

***

Ananda Sukarlan