"From America with Love," 24 F-16 dan Drone ScanEagle untuk NKRI

Kamis, 1 Maret 2018 | 17:29 WIB
0
762
"From America with Love," 24 F-16 dan Drone ScanEagle untuk NKRI

Wilayah udara kita sering kali dimasuki oleh pesawat-pesawat asing dengan misi tertentu.Tentu sebagai negara kepulauan dan dengan wilayah udara yang sangat luas memerlukan pesawat-pesawat tempur yang mumpuni, peningkatan jangkauan radar di setiap wilayah, penggunaan drone untuk memantau wilayah kepulauan.

Tentara Nasional Indonesia (TNI) lewat Kemenham melakukan pengadaan atau pembelian Alutsista sekalipun dalam keadaan anggaran yang serba terbatas, tetapi secara bertahap TNI juga ingin memenuhi kelayakan Alutsista tersebut.

Seperti pembelian Sukhoi SU-35 yang sudah melakukan kontrak dengan membeli 11 pesawat tempur terbaru dan diperkirakan datang secara bertahap dan tahun 2020 kemungkinan sudah lengkap semua dengan sistem persenjataan.

Selain itu untuk memenuhi syarat minimal dalam melindungi wilayah udara kita TNI juga menerima hibah pesawat tempur F-16 dari Amerika.Pesawat ini sekalipun bukan jenis baru,tetapi masih layak pakai karena ditingkatkan kemampuan radarnya dan persenjataan-nya atau di up grade.

Tentu hibah ini juga dalam rangka mempererat hubungan antara pemerintah RI dan Amerika yang sering mengalami pasang surut dalam hubungan kedua negara. Apalagi Cina semakin agresif dalam perebutan wilayah di Laut Cina Selatan.

Pemerintah Amerika memberi hibah pesawat F-16 sebanyak 24, pesawat ini datangnya juga bertahap, bahkan juga mengalami kendala karena ada sedikit kerusakan dan jarak yang sangat jauh dalam pengiriman 24 pesawat F-16 tersebut.

Pesawat F-16 sudah datang lengkap dengan jumlah 24, tetapi karena kesibukan dan padatnya acara Menteri Pertahanan, Ryamizard Ryacudu, serah terima pesawat F-16 kepada TNI AU baru dilaksanakan pada Rabu, 28 februari 2018 di Madiun.

Jadi serah terima F-16 kepada TNI Angkatan Udara ditandai dengan penandatanganan berita acara serah terima dari Kepala Badan Sarana Pertahanan Kementerian Pertahanan kepada Asisten Logistik Panglima TNI di Lanud Iswayudi.

Dari 24 pesawat F-16 nantinya akan ditempatkan di Lanud Iswayudi sebanyak 12 pesawat F-16 dan di Lanud Pekanbaru sebanyak 12 pesawat F-16.

Diharapkan dengan serah terima ini,TNI AU bisa menjaga wilayah udara dan menjadi pemburu kepada pesawat-pesawat asing yang masuk wilayah udara Indonesia.

Bahkan pemerintah Amerika juga akan memberikan empat pesawat drone ScanEagle kepada pemerintah Indonesia untuk menjaga wilayah laut atau maritim, dan drone ScanEagle jenis ini termasuk jenis yang sangat canggih.

Drone ScanEagle nantinya akan diserah terimakan kepada TNI Angkatan Laut.

***

Editor: Pepih Nugraha