Rizieq Shihab Minta Dijemput Anies Baswedan

Jumat, 23 Februari 2018 | 08:29 WIB
0
157
Rizieq Shihab Minta Dijemput Anies Baswedan

Pendiri Presidium Alumni 212 Faizal Assegaf mengatakan Rizieq Shibab akan kembali ke Indonesia jika Gubernur DKI Anies Baswedan menjemputnya di Mekkah. "Anies punya hubungan kuat dengan HRS (Habib Rizieq Shihab) dan diharapkan dapat menjadi penjamin keamanan bagi dirinya," kata Faizal, Rabu, 21 Februari 2018.

Sebelumnya, Rizieq dikabarkan pulang hari Rabu 21 Februari ini. Namun Rizieq mengabarkan batal pulang ke Indonesia melalui sambungan telepon kepada jemaah di Masjid Baitul Amal, Cengkareng. Rizieq mengatakan telah salat istikharah untuk menentukan pulang atau tidak. Atas petunjuk istikharah, ia menemukan jawaban bahwa sangat mudarat bila terburu-buru kembali ke tanah air.

"Habib Rizieq Shihab semakin sadar bahwa dirinya telah dijadikan penunggangan politik jahat oleh kelompok radikalis, untuk menciptakan kegaduhan. Selama elemen 212 tidak bersatu, maka HRS tidak akan mau pulang, sebab HRS tidak ingin umat dibuat bingung serta terpecah bela oleh konflik kepentingan politik," ujar Faizal.

[caption id="attachment_11051" align="alignleft" width="492"] Faizal Assegaf (Foto: Anekainfounik.net)[/caption]

Presidium 212 meminta Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan untuk bersikap terhadap kasus Rizieq. Sebab, kemenangan Anies dinilai tidak lepas dari aksi 212. "Dia menang salah satunya karena aksi 212," ujar Faisal Assegaf di Jakarta.

Menurut Faisal, Rizieq pasti akan pulang jika Anies yang meminta. Menurutnya, Anies merupakan salah satu orang yang intens berkomunikasi dengan Rizieq. Karena itu, dia meminta Anies menjamin Rizieq pulang dengan aman. "Kalau Anies yang meminta, dia pasti pulang," ujarnya.

Sebagai gubernur, Faisal melanjutkan, Anies juga harus bertanggung jawab terhadap warganya, yaitu Rizieq. Sebab, kasus yang menimpa Rizieq dianggap bermula dari pemilihan gubernur DKI tahun lalu. Jika Anies meminta Rizieq pulang, Faisal menyebutkan hal tersebut juga akan mengantisipasi kegaduhan yang mungkin terjadi.

Kabar kepulangan Rizieq mencuat setelah adanya panitia penyambutan kepulangannya.

Selain itu, beredar foto tiket pesawat atas nama Rizieq. Sekretaris Jenderal DPD FPI DKI Jakarta Novel Bamukmin mengatakan Rizieq dipastikan pulang pada 21 Februari 2018. Rizieq berdiam di Arab Saudi sejak April 2017 paska ditetapkan sebagai tersangka dugaan kasus pornografi.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan enggan menanggapi saran Pendiri Presidium Alumni 212 Faizal Assegaf, agar dirinya menjemput Rizieq di Mekah. "O, gitu ya? Tidak ada tanggapan," kata Anies Baswedan di Balai Kota DKI Jakarta, Rabu, 21 Februari 2018, sebagaimana dimuat Tempo.co, 21 Februari 2018.

Jadi, yang salah (menurut Rizieq) adalah kaum islam radikalis (wah, siapa mereka, diadu deh oleh Rizieq)? Soal kepulangannya, menurut shalat istikarah, kalau dijemput Anies mau. Kok masih pakai ‘kalau’?

***