Meghan Markle, Duchess Berdarah Afrika Pertama di Kerajaan Inggris

Minggu, 3 Desember 2017 | 12:48 WIB
0
638
Meghan Markle, Duchess Berdarah Afrika Pertama di Kerajaan Inggris

Pangeran Harry akhirnya mengumumkan secara resmi pertunangannya pada 27 November 2017 dengan salah satu aktris Amerika Serikat, Meghan Markle. Setelah menjalin asmara selama 16 bulan. Pernikahan adik Pangeran William ini akan digelar pada musim semi tahun 2018 seperti yang dirilis oleh Clarence House.

Warga dunia maya dihebohkan dengan kabar hubungan mereka. Terlebih pada September lalu, Markle menuturkan kepada majalah Vanity Fair, bahwa dia dan pangeran Inggris itu adalah 'dua orang yang sungguh-sungguh bahagia dan jatuh cinta’, Begitu laporan Bisnis.com.

Meski Meghan seorang aktris Amerika yang sudah muncul di televisi sejak 2002 dalam episode drama medis General Hospital, Ia juga bermain di CSI, Without a Trace dan Castle. Markle kemudian tampil dalam film-film utama Hollywood, antara lain Get Him To The Greek, Remember Me, dan Horrible Bosses. Dan tahun 2011 Ia berperan sebagai Rachel Zane dalam drama Suits.

Tetapi yang membuat Markle terkenal mungkin oleh kabar pertunangannya dengan pangeran Inggris, Prince Harry. Terbukti ia menjadi artis yang paling dicari di mesin pencarian Google.com tahun 2016.

Namun, yang jadi sorotan adalah status Meghan yang sudah pernah menikah sebelumnya. Tahun 2011 lalu, Meghan Markle pernah menikah dengan Trevor Engelson, seorang produser film. Namun dua tahun setelahnya Meghan bercerai. Ya, kalau sudah cinta mau diapakan. Lagian netizen emang suka nyinyirin kehidupan orang. Tapi wajar sih hidupnya seorang pangeran jadi sorotan.

[caption id="attachment_5065" align="alignleft" width="498"] Pangeran Charles dan istrinya (Foto: Tempo.co)[/caption]

Bahkan Meghan Markle pernah 'diserang’ media di Inggris hingga pangeran Harry langsung turun tangan dan memperingati pers terkait serangan itu. Ya maklum saja, mungkin pers di sana ingin agar calon istri dari pangerannya harus sempurna, mungkin. Tapi katanya apa yang disampaikan pers itu ada yang benar dan tidak benar. Ya, itu kan gak baik juga.

Banyak fakta menarik tentang Meghan yang sudah dirilis oleh media-media luar maupun media lokal Indonesia. Mulai dari nama aslinya yaitu Rachel Meghan Markle, Meghan lebih tua dari Pangeran Harry, Meghan memiliki darah campuran dua kaum berlainan atau yang disebut biracial, di mana ayahnya Kaukasian yang memiliki darah Belanda, Inggris, dan Irlandia. Sementera Ibunya adalah wanita berdarah Amerika Afrika. Katanya, Meghan akan menjadi satu-satunya wanita keturunan Afrika yang akan menjadi bagian dari kerajaan Ingrris.

Namun, Meghan ternyata juga seorang aktivis kemanusiaan, loh. Ia didapuk menjadi duta dunia di World Vison Artist Collective dan melakukan perjalanan ke Rwanda untuk menolong anak-anak di sana mendapatkan pendidikan yang layak, air bersih, dan kampanye kesetaraan gender. Ini hanya satu dari sekian banyak aksi sosial yang dilakukan Markle. Bahkan menurut laporan Brilio.net, Markle pertama kali bertemu dengan Harry saat makan malam penggalangan dana untuk amal.

"Sementara hidupku bergeser dari tempat-tempat pengungsian ke karpet merah, aku memilih keduanya karena dunia ini sebenarnya bisa hidup berdampingan," ujar calon istri Pangeran Harry tersebut seperti dikutip dari Kompas.com.

Tentu ini sangat cocok dengan Pangeran Harry yang memang bertanggung jawab dan merupakan kewajibannya dalam berbagai kegiatan kemanusiaan. Ya, mereka berdua bisa “berbagi kewajiban” yang diemban Pangeran Harry. Terlebih katanya, Meghan akan meninggalkan dunia akting dan akan fokus melakukan kegiatan sosial bersama Pangeran Harry.

Pepatah lama agaknya memang tidak salah, buah jatuh tak jauh dari pohonnya. Pangeran Harry memiliki kesamaan dalam selera calon pendamping hidup. Pangeran Harry dan Pangeran Charles sama-sama jatuh hati dengan wanita yang lebih tua darinya.

Jika Meghan lebih tua 3 tahun dari Pangeran Harry, maka Ayahnya, Pangeran Charles pernah menikah dengan Camilla Parker Bowles yang lebih tua satu setengah tahun darinya.

Tidak hanya berbeda usia, tetapi kedua wanita ini, Meghan dan Camilla, sama-sama juga sudah pernah menikah sebelumnya. Bahkan Camilla memiliki dua anak dari pernikahannya dengan Andrew Parker Bowles, suami pertamanya.

Menjadi sorotan juga adalah gelar yang akan diterima oleh Meghan nantinya setelah menikah dengan Pangeran Harry. Seperti diketahui, Meghan bukan berasal dari keturunan bangsawan, sehingga dia tidak akan bergelar Princess meskipun sudah menikah dan menjadi bagian dari keluarga kerajaan.

Jadi begini, ada aturan dalam tatanan gelar kebangsawanan Inggris, jadi tidak sembarangan. Markle kemungkinan hanya akan mendapat gelar Duchess, yang sebenarnya tak kalah keren dari gelar Princess. Ketika Markle menikah dengan Pangeran Harry, Markle akan bergelar Putri Henry dari Wales, didapat dari gelar Pangeran Harry dan diikuti dengan nama depan Harry yakni Henry. ditambah dengan gelar yang akan diberikan Ratu Elizabeth II.

Markle juga mungkin akan mendapat gelar Duchess, sebutan istri dari seorang Duke. Sebab Pangeran Harry kemungkinan akan dinobatkan menjadi Duke begitu menikah, seperti Kakaknya 6 tahun silam.

Duke atau Duchess merupakan gelar tertinggi dari lima tingkat gelar dalam kebangsawanan Inggris. Sehingga Markle juga akan menjadi Duchess seperti kakak iparnya, Catherine.

Jadi gak sabar nunggu The Royal Wedding jilid II Mei tahun depan!

***