Wisata Gua Kona Ba'u di Negri Para Usif, Nusa Tenggara Timur

Untuk setiap orang yang ingin menyusuri gua ini, wajib ditemani oleh minimal satu pemandu yang adalah anggota masyarakat dari Desa Botti.

Jumat, 1 Mei 2020 | 00:50 WIB
0
637
Wisata Gua Kona Ba'u di Negri Para Usif, Nusa Tenggara Timur
Gua Kona Ba'u dengan dinding batu yang memiliki corak yang sangat unik.(Credit photo: Levin Liunokas)

Kabupaten Timor Tengah Selatan memiliki sejumlah potensi wisata yang masih alami. Salah satunya adalah Gua Kona Ba'u.

Gua Kona Ba'u adalah salah satu potensi wisata alam dari Desa Boti di Kabupaten Timor Tengah Selatan yang belum dikelola oleh pemerintah daerah setempat. Tempat ini juga belum terpublikasi atau bisa dibilang masih baru di kalangan pencinta alam di Nusa Tenggata Timur umumnya.

Jika memasuki Gua ini saat cuaca sedang cerah, maka akan muncul cahaya seperti cahaya dari surga yang berasal dari sinar matahari yang menerobos masuk melewati celah lubang dibebera sisi gua.

Saat berada di dalam Gua ini, kalian akan melihat dinding-dinding batu yang sangat unik dengan warna dan corak yang sangat indah. Di beberapa bagian dinding, terdapat semacam lukisan alami yang diciptakan oleh kelelawar penghuni Gua ini.


Gua ini memiliki kedalaman hampir 1 Km dengan aliran sungai di sepanjang lorong ngarai. Gua ini menawarkan keindahan dan keunikan yang mungkin tidak ada di tempat wisata gua yang lain. Dinding batu dari gua ini berwarna coklat serta memiliki corak yang sangat unik.

Tempat ini sangat cocok bagi kalian yang ingin berkunjungi bersama keluarga maupun kawan-kawan. Oh iya, untuk setiap orang yang ingin menyusuri gua ini, wajib ditemani oleh minimal satu pemandu yang adalah anggota masyarakat dari Desa Botti.

***