Pemkot Padangsidimpuan dan ITB Bekerjasama Bangun Sektor Pariwisata

Dari pertemuan ini diharapkan menjadi blueprint dan modal awal kita untuk melakukan ikhtiar peningkatan serta percepatan pembangunan untuk pariwisata berkelanjutan

Kamis, 7 November 2019 | 17:59 WIB
0
346
Pemkot Padangsidimpuan dan ITB Bekerjasama Bangun Sektor Pariwisata
Keterangan foto : Walikota Padangsidimpuan Irsan Efendi Nasution (kiri) memberikan cendera mata kepada Ina Koswara (kanan) dari Pusat perencaaan dan pengembangan kepariwisataan ITB.

Walikota Padangsidimpuan Irsan Efendi Nasution, SH membuka Seminar Focus Group Discussion (FGD) Penyusunan Rencana Induk Pembangunan Kepariwisataan Kota Padangsidimpuan di Aula MAN 2 Model, Kamis (7/11/2019).

Dalam sambutannya Walikota Irsan Efendi menyampaikan sektor pariwisata merupakan tumpuan kita dimasa mendatang untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Padangsidimpuan. Mengingat wisata alam kita yang terbatas, sektor pariwisata buatan lainnya harus kita kembangkan, ujarnya.

Beliau juga meminta seluruh stakeholder melalui forum discussion ini menyampaikan ide dan gagasan, serta pengetahuannya terkait sektor pariwisata ini agar bu Ina Koswara dan tim bisa membentuk dan merampungkan penyusunan rencana induk ini, katanya.

“Dari pertemuan ini diharapkan menjadi blueprint dan modal awal kita untuk melakukan ikhtiar peningkatan serta percepatan pembangunan untuk pariwisata berkelanjutan”, harap Irsan.

Ina Herliana Koswara, M.Sc dari Pusat perencanaan dan pengembangan kepariwisataan Intitut Teknologi Bandung (ITB) menyampaikan pedoman utama bagi perencanaan, pengelolaan dan pengendalian pembangunan kepariwisataan di tingkat daerah tercatut didalamnya visi, misi, tujuan, sasaran, kebijakan, strategi, rencana, dan indikasi program yang perlu dilakukan oleh para pemangku kepentingan dalam pembangunan kepariwisataan, paparnya.

“Kita akan memetakan persebara daya tarik wisata, mengukur pasar wisatawan, dan seluruh potensi yang dimiliki kota Padangsidimpuan ini”, sebut Ina.

Turut hadir dalam acara tersebut Walikota Irsan Efendi, Ina Koswara dari ITB, Kadis Pariwisata Mahlil Harahap, Kaban Baperlitbang M Jusar Nasution, Kadis Kominfo Islahuddin Nasution, Kabag Humas dan Protokol Nurcahyo Budisusetyo, dan seluruh stakeholder perangkat daerah untuk sektor pariwisata.

***