Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan Untuk Mencerdaskan Anak Di Kota Padangsidimpuan

Kamis, 7 November 2019 | 12:52 WIB
0
163
Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan Untuk Mencerdaskan Anak Di Kota Padangsidimpuan
Wakil Walikota Arwin Siregar (Tengah Memakai Peci) saat mencicipi berbagai variasi olahan masakan ikan buatan peserta lomba Gemarikan.

Pemerintah Kota Padangsidimpuan melalui Dinas Pertanian melaksanakan kegiatan Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) Dengan Tema Ragam Menu Masakan Ikan Untuk Kesehatan dan Kesejahteraan Masyarakat, di Kantor Dinas Pertanian, Ujung Gurap Kecamatan Padangsidimpuan Batunadua, Kamis (7/11/2019).


Wakil Walikota Padangsidimpuan Ir. H Arwin Siregar dalam sambutannya, Gemarikan Kota Padangsidimpuan dimaksudkan lebih banyak masyarakat memakan ikan, mengetahui cara-cara pengolahan makanan ikan, dan perkembangan budidaya ikan kota Padangsidimpuan.


Beliau menambahkan ikan merupakan makanan yang mempunyai sumber gizi yang tinggi, utamanya pertumbuhan sel sel otak manusia dimulai dari perkembangan dalam janin.


“Dengan makan ini kita dapat mencegah stunting pada anak. Menurut penelitian, dengan mengkonsumsi ikan dapat meningkatkan kecerdasan dan pertumbuhan fisik seoramg anak. Kemudian, ada juga menurut beberapa sumber dengan memakan sebanyak 3 kali seminggu turunkan resiko stroke dan gagal jantung”, katanya.


Ketua DPRD Kota Padangsidimpuan Siwan Siswanto menyampaikan diharapkan melalui dinas pertanian gemarikan ini sampai ke tingkat keluarga, sehingga harapan kita ini bisa di aplikasikan sehingga masyarakat gemar makan ikan (Gemarikan) ini mampu menambah kecerdasan berpikir anak-anak kita dimasa mendatang, katanya.


Ir. Parimpunan Siregar Kepala Dinas Pertanian dalam laporannya, meningkatkan keterampilan memasak olahan ikan, menyebarluaskan informasi gizi ikan ditengah-tengah masyarakat.


Sementara itu Ny Wulan Roni Gunawan Rambe, Ketua TP-PKK Padangsidimpuan Batunadua sebagai peserta lomba menyampaikan kegiatan ini sangat bermanfaat untuk diimplementasikan ditengah keluarga.


“Ibu rumah tangga sebagai unsur penting dalam gemarikan ini, dengan menciptakan berbagai inovasi dan kreasi olahan ikan dapat menambah selera anak-anak yang sebelumnya tidak suka ikan, menjadi lebih suka dan gemar makan ikan, contoh kecilnya olahan bolu brownis ikan nila yang kita buat ini,” katanya.

Hadir dalam acar tersebut Wakil Walikota, Ketua DPRD, Kapolsek Batunadua, Wakil Ketua TP- PKK, ketua DWP, Ketua TP PKK seluruh Kecamatan, Pimpinan OPD se-Kota Padangsidimpuan.