Sarjana Teknik ITB yang Jadi Menteri Kesehatan

Ia tak perlu tunduk pada tekanan organisasi profesi kedokteran yang semenjak dulu sangat berkuasa.

Kamis, 14 April 2022 | 08:57 WIB
0
40
Sarjana Teknik ITB yang Jadi Menteri Kesehatan
Saya dan Budi Gunawan Sadikin (Foto: dok. Pribadi)

Pria di samping saya ini seorang sarjana teknik yang berpetualang di dunia di luar disiplin ilmunya, tapi menggapai puncak-puncak karir yang justru tak dicita-citakannya. Menjadi bankir, bahkan sempat memimpin bank terbesar di republik ini, lalu menakhodai raksasa perusahaan tambang, dan kemudian menjadi menteri: Menteri Kesehatan.

Budi Gunadi Sadikin menjadi Menteri Kesehatan saat Indonesia dengan tantangan yang beratnya tak alang kepalang. Dunia tengah dihentak pandemi 

Ia duduk di kursi panas. "Tiga bulan sebagai menteri kesehatan rasanya seperti 30 tahun menjadi CEO," katanya. 

Ternyata, sebagai lulusan ITB, orang dari luar dunia kesehatan, Pak BGS malah lebih bisa melihat pengelolaan kesehatan di negeri ini jauh lebih jernih dan pelan-pelan menemukan jalan keluarnya.

Ia tak perlu tunduk pada tekanan organisasi profesi kedokteran yang semenjak dulu sangat berkuasa.

Kemarin, saya berbuka puasa dan mengobrol panjang dengannya -- tepatnya mendengar cerita-ceritanya. Pak BGS sepertinya sudah jauh lebih tenang dan lega. Ia sudah lebih leluasa mengumbar tawa, dan menikmati lontaran jenaka.

Maklum, pandemi yang menghantui sudah kian melandai. Tingkat keterisian rumah-rumah sakit oleh pasien Covid sudah sangat rendah, Wisma Atlet Kemayoran yang pernah terisi ribuan orang terpapar sudah nyaris kosong. Saya bahkan bisa memintanya melepas masker sejenak untuk berfoto ini hehe.

Maka, saatnya melangkah lebih jauh. Pak BGS sudah punya begitu banyak rencana untuk dilaksanakan. Kita akan segera menyaksikan babak-babak baru reformasi kesehatan di Indonesia, perubahan dari ujung ke ujung di semua lini pelayanan, pendidikan, dan birokrasi kesehatan di negeri ini. Tunggu saja.

***