Lewat HB Center, Harianto Badjoeri Mengabdi pada Kemanusiaan

Di kala pensiunpun, HB masih sibuk memberikan jiwa dan hartanya untuk kemanusiaan, karena dia melihat masih banyak manusia menderita di kanan-kiri hidupnya.

Senin, 7 Oktober 2019 | 21:53 WIB
0
483
Lewat HB Center, Harianto Badjoeri Mengabdi pada Kemanusiaan
Harianto Badjoeri (Foto: Tempo.co)

Tidak banyak orang yang masih mau berbuat banyak, apalagi untuk kepentingan orang lain tanpa dibayar di kala sudah pensiun –terlebih bila kondisi fisiknya tidak prima lagi.

Tetapi, tidak buat si legenda hidup Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) DKI Jakarta, Harianto Badjoeri (70 tahun), yang akrab disapa HB oleh koleganya ini. Dia tetap bersemangat menjalankan misi kemanusiaan meskipun harus duduk di kursi roda, karena fisiknya tidak prima lagi.

HB sekarang telah mendirikan lembaga kemanusiaan yang dia beri nama HB Center. HB Center memiliki misi kemanusiaan seperti membantu orang yang tidak mampu, namun membutuhkan bantuan seperti orang yang sedang sakit, meninggal, ditimpa bencana alam, bahkan sampai penganggur.

Sekarang pun, HB Center sedang mempersiapkan bantuan masker dan vitamin untuk dikirim ke Riau dan Jambi, guna membantu meringankan penderitaan warga masyarakat yang terdampak asap kebakaran hutan dan lahan di sana.

“Bantuan kami tidak mengenal suku, agama, ras, dan golongan. Siapa saja yang membutuhkan, selagi kami mampu maka akan kami jangkau,” kata HB.

Di dalam melayani manusia yang sedang mengalami kesusahan ini, HB mendapat dukungan dari ribuan relawan yang selama ini telah dia bantu dalam segala urusan kehidupan mereka. Mereka berasal dari berbagai etnis di Tanah Air. Ada relawan dari Banten, Betawi, Batak, Jawa, Flores, Ambon, Bugis, sampai Papua. Mereka berbeda, namun bersatu demi Indonesia.

Dengan ribuan relawan ini, HB Center punya potensi besar untuk berbuat banyak bagi kemanusiaan, apalagi sosok HB tidak pernah mencari keuntungan dari kegiatan yang dia kerjakan.

Dan, jika pemerintah jeli maka keberadaan HB Center ini bisa digandeng menjadi mitra untuk menjalankan tugas-tugas kemanusiaan yang lebih luas di segala medan. Para relawan ini punya militansi tinggi dalam bertugas, apalagi dalam memahami arti bela negara yang dihuni dengan oleh elemen masyarakat berbagai etnis maupun agama ini.

“Kami mengabdi untuk kemanusiaan dan Indonesia,” kata HB berapi-api.

Kehadiran HB Center ini tentu saja menjadi harapan banyak orang, khsususnya di Ibu Kota ini.  Warga masyarakat yakin bahwa HB Center bukan sekadar basa-basi, karena didirikan oleh orang yang selama ini dikenal berdedikasi tinggi.

“Kalau Pak HB yang turun tangan, saya percaya penuh karena Bapak punya jiwa sosial yang sangat tinggi,” ujar seorang lelaki paruh baya yang pernah dibantu pendidikan anaknya ini.

HB sendiri selama ini dikenal sebagai birokat di lingkungan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta yang berjiwa sosial. Dia membantu banyak lapisan masyarakat, mulai dari pegawai negeri, swasta, penganggur, preman, wartawan, yang memiliki problematika kehidupan.

Itulah sebabnya, mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama pernah menyebut Harianto Badjoeri sebagai legenda hidup Satpol PP DKI. Semua itu, karena dia tahu bahwa Harianto Badjoeri banyak membantu anak buahnya tanpa pamrih.

Di kala pensiunpun, HB masih sibuk memberikan jiwa dan hartanya untuk kemanusiaan, karena dia melihat masih banyak manusia menderita di kanan-kiri hidupnya.

“Bantulah orang lain tanpa harus menunggu kita kaya, karena sampai kapanpun kita tidak akan pernah merasa kaya,” kata HB. *

 Krista Riyanto

***