Perempuan Pemimpin

Jumat, 30 November 2018 | 15:12 WIB
0
445
Perempuan Pemimpin
Marie Curie (Foto: Eltelagrafo.com.ec

Masih sangat banyak orang meragukan kemampuan perempuan. Padahal sudah ada begitu banyak contoh perempuan hebat di berbagai bidang.

Marie Curie adalah salah satunya. Ia memenangkan 2 Hadiah Nobel, yaitu di bidang fisika tahun 1903 dan kimia tahun 1911. Hanya ada 4 orang yang pernah memenangkan Hadiah Nobel 2 kali, dan Marie Curie adalah orang pertama yang mendapat 2 hadiah itu.

Di dunia politik kita mengenal Margaret Tatcher, yang menjadi Perdana Menteri Inggris tahun 1979-1990. Ia adalah Perdana Menteri Inggris dengan masa jabatan terlama di abad XX. Ia dijuluki Wanita Besi. Ada satu lagi Wanita Besi sebelum Tatcher, dia adalah Perdana Menteri Israel (1969-1974), Golda Meier. Ia memimpij Israel dalam masa sulit, menghadapi Perang Yom Kippur.

Saat ini yang masih memerintah adalah Kanselir Jerman Angela Merkel, sudah menjahat sejak tahun 2005 hingga sekarang (13 tahun). Angela adalah doktor di bidang fisika, dan awalnya berkarir sebagai peneliti, sebelum terjun ke dunia politik.

Bagaimana dengan dunia bisnis? Top executive sejumlah perusahaan hebat dunia adalah perempuan. Mary Barra adalah CEO General Motor, Indra Nooyi CEO Pepsi, Marylin Hewson di Lockheed Martin, Sheryl Sandberg di Facebook, Ginni Rometty di IBM, Meg Whitman di Hewlett Packard, Safra Catz di Oracle, dan masih banyak lagi.

Di dunia spiritual kita mengenal Bunda Theresa, pengabdi sosial yang terus mengabdi sampai akhir hayatnya.

Meski ada begitu banyak contoh perempuan hebat, tetap saja banyak orang yang menganggap bahwa perempuan tidak bisa jadi pemimpin. Atau, menganggap sehebat-hebatnya perempuan, ia harus berada di belakang laki-laki.

Kenapa begitu? Selama ribuan tahun dunia memang didominasi oleh laki-laki. Fungsi kodrati perempuan, yaitu hamil, melahirkan, dan menyusui, membuat mereka lemah selama menjalankan fungsi-fungsi itu. Dengan alasan itu perempuan digiring untuk ditempatkan di posisi lemah seterusnya.

Perempuan itu lemah, maka laki-laki mendominasi semua urusan, karena semua urusan di zaman itu didominasi oleh kekuatan fisik, seperti bertani dan berperang. Selama ribuan tahun itu perempuan tidak diberi peran. Bahkan diperlakukan sebagai property.

Abad XX ditandai dengan makin bergesernya pusat kekuatan dunia, dari otot ke otak. Revolusi Industri menghasilkan mesin-mesin dengan kekuatan dan kecepatan jauh melebihi kemampuan laki-laki. Perempuan cerdas yang mampu merancang atau mengoperasikan mesin, jauh lebih bisa berperan daripada sekadar laki-laki.

Di abad XXI pusat kekuatan bergeser lagi, dari mesin ke komputer. Dalam urusan ini kemampuan otak jauh lebih dominan. Jangan heran bila top executive sejumlah perusahaan komputer dunia adalah perempuan.

Zaman sudah bergeser sedemikian jauh, tapi masih banyak orang yang pola pikirnya tertinggal belasan abad. Mereka masih menganggap perempuan itu lemah, bodoh, sering melakukan kesalahan, dan sumber dosa. Tidakkah konyol ketika seorang laki-laki menganjurkan perempuan untuk tidak berkarir, anjuran itu disampaikan melalui Facebook, yang COO-nya adalah seorang perempuan!

Perempuan sudah membuktikan mampu menyelinap di tengah kerumunan laki-laki, tampil memimpin, pada saat peran mereka dicegah, dan ditekan. Tengoklah Marie Curie itu. Ia menerima Hadiah Nobel tahun 1903, saat banyak perempuan yang untuk sekolah saja masih mendekati mustahil. Di bawah berbagai tekanan ia mampu tampil di garis paling depan. Itu membutuhkan kekuatan berlipat-lipat.

Tidak perlu diragukan lagi, perempuan punya kekuatan yang sama dengan laki-laki, dan harus diberi kesempatan yang sama.

Bagaimana model terbaiknya? Saya melihat keluarga Curie sebagai model terbaik. Marie bekerja sama dengan suaminya Pierre. Mereka berbagi Hadiah Nobel tahun 1903. Tahun 1911 sebenarnya juga merupakan Hadiah Nobel bagi mereka berdua, tapi Pieree tidak mendapatkannya, karena ia sudah meninggal 5 tahun sebelumnya. Hadiah Nobel hanya diberikan kepada yang masih hidup.

Marie bukan hanya ilmuwan. Ia bukan ilmuwan yang mengabaikan perannya sebagai perempuan. Ia seorang ibu yang hebat, melahirkan dan mendidik anak-anak yang hebat pula. Anak perempuannya Irene adalah penerima Hadiah Nobel pula, juga bersama suaminya Frederic Joliot. Berdua mereka menerima Hadiah Nobel Kimia, tahun 1935.

Marie Curie adalah perempuan hebat, yang menjadi hebat bersama Pierre, seorang suami hebat. Irene, anak mereka, jadi perempuan hebatpula, bersama suaminya Frederic, yang juga hebat. Laki-laki dan perempuan bisa hebat bersama, dan bersama mengasuh anak-anak yanghebat. Tidak perlu ada satu pihak yang diposisikan hanya sebagai pendukung atau pendamping.

***