Dana, Pecatur Perempuan Panutan dari Latvia

Dari Dana kita bisa belajar bahwa semua kendala bisa diatasi jika kita bisa mengatur waktu dengan baik. Kuncinya jangan mudah mengeluh dan putus asa.

Rabu, 22 September 2021 | 11:17 WIB
0
110
Dana, Pecatur Perempuan Panutan dari Latvia
Dana Reizniece-Ozola (Foto: ECU)

Salah satu hal paling sulit untuk diatasi oleh seorang pecatur adalah mengatur waktu antara jadwal turnamen dengan sekolah. Harus ada salah satunya yang dikorbankan. Tetapi benarkah demikian?

Coba kita lihat wanita hebat ini: Dana Reizniece-Ozola. Dana adalah pecatur wanita Latvia bergelar WGM. Dia sudah 8 kali mewakili negaranya di Olimpiade Catur dan selalu bermain di papan satu. Pada babak keempat Olimpiade Catur 2016, Dana Ozola tampil sensasional dengan menaklukkan juara dunia catur wanita, GM Hou Yifan.

Prestasi catur Dana yang lain adalah juara nasional wanita Latvia empat kali dan juara wanita Eropa U-18 dua kali tahun 1998 dan 1999.

Bagaimana dengan pendidikannya? Wanita cantik berusia 39 tahun ini kuliah di tiga Universitas berbeda: International Space University, Ventspils University College, dan HAMK Häme University of Applied Sciences.

Dengan modal pendidikan ini Dana bisa memimpin beberapa proyek teknologi tinggi, termasuk pengembangan satelit milik Latvia dan dia kemudian menjadi kepala kompleks teknologi tinggi di Ventspils, Latvia.

Dana juga aktif di partai politik dan pernah terpilih menjadi anggota parlemen selama tiga periode. Apa prestasi Dana di pemerintahan? Dana adalah mantan Menteri Ekonomi dan Menteri Keuangan Latvia periode 2016-2019.

Setelah tidak lagi menjabat di pemerintahan, Dana diminta menjadi Managing Director FIDE pada bulan Januari 2021.

Namun dari semua prestasnya itu, yang paling membanggakan Dana adalah menjadi ibu dari 4 orang anak. Gelar WGM dan jabatan Menteri Keuangan itu menjadi tidak ada artinya jika sudah menyangkut urusan keluarga.

Dari Dana kita bisa belajar bahwa semua kendala bisa diatasi jika kita bisa mengatur waktu dengan baik. Kuncinya jangan mudah mengeluh dan putus asa.

***