Mengenal Bobby Fischer [6] Tahun 1972, Elo Ratingnya Sudah 2.785

Fischer meraih rating yang jauh lebih tinggi daripada pecatur manapun. Pada daftar peringkat FIDE Juli 1972, rating Elo-nya 2785 sebanyak 125 poin di atas peringkat nomor dua Spassky 2660.

Sabtu, 13 Februari 2021 | 08:53 WIB
0
319
Mengenal Bobby Fischer [6]  Tahun 1972, Elo Ratingnya Sudah 2.785
Fischer vs Taimanov (Foto: Facebook/Hasiholan Siregar)

Pada tahun 1970 Bobby Fischer memutuskan sekali lagi untuk bergabung dalam perjuangan memperebutkan gelar juara dunia. Bobby akhirnya menyadari bahwa hanya ada satu jalan untuk membuktikan bahwa dia adalah pecatur terkuat di dunia yaitu dengan mengikuti serangkaian turnamen babak penyisihan FIDE dan kemudian memenangi pertandingan dengan juara dunia.

Fischer memenangkan turnamen Interzonal yang diadakan di Palma de Mallorca pada bulan November dan Desember 1970 dengan 18½ poin dari 23 babak, jauh di depan Larsen, Efim Geller, dan Robert Hübner.

Di Turnamen Kandidat 1971, Fischer bertemu dengan GM Soviet yang juga pianis konser Mark Taimanov di perempat final. Pertandingan dimulai pada bulan Mei di Vancouver, British Columbia, Kanada.

Taimanov punya alasan untuk percaya diri. Mark didukung oleh bimbingan yang kuat dari Botvinnik, yang telah menganalisis secara menyeluruh partai-partai Fischer beberapa tahun sebelumnya.

Setelah kalah pada partai kedua, Taimanov bertanya kepada Fischer bagaimana dia bisa menghasilkan langkah 12. N1c3, yang dijawab oleh Fischer bahwa ide itu bukan miliknya tetapi dia menemukannya di monograf Master Soviet Alexander Nikitin pada catatan kaki.

Mendengar itu Taimanov berkata: "Sungguh mengejutkan bahwa saya, seorang ahli Sisilia, melewatkan gagasan yang secara teoritis penting yang ditulis oleh rekan senegara saya, sementara Fischer menemukannya dalam sebuah buku berbahasa asing!"

Fischer mengalahkan Taimanov dengan skor telak 6-0. Setelah kalah pada partai terakhir, Taimanov berkata dengan sedih kepada Fischer: "Baiklah, minimal saya masih memiliki musik di kepala saya."

Sebagai hasil dari penampilannya, Taimanov dikeluarkan dari tim Uni Soviet dan dilarang melakukan perjalanan selama dua tahun. Ia dilarang menulis artikel dan tidak mendapat gaji bulanan serta pihak berwenang melarangnya untuk tampil di panggung konser. Keputusan yang menghancurkan karier catur Taimanov.

Fischer selanjutnya dijadwalkan berhadapan dengan GM Denmark Bent Larsen. Larsen sedikit lebih kuat dalam semangat. Namun Bobby Fischer tanpa ampun menghancurkan Larsen dengan skor identik 6-0.

Meski hasil Fischer melawan Taimanov dan Larsen sangat menakutkan, namun pertandingan mendatang melawan Petrosian tampaknya menjadi tugas yang berat. Walaupun demikian pemerintah Soviet tetap mengkhawatirkan Fischer.

Wartawan bertanya kepada Petrosian apakah pertandingan akan berlangsung selama dua belas babak penuh? "Mungkin saja saya menang lebih awal," jawab Petrosian dan kemudian melanjutkan bahwa kemenangan beruntun Bobby tidak membuatnya terkesan.

Dia pecatur yang hebat tapi bukan jenius," tambahnya dan Fischer menyapu Petrosian 6½-2½. Sports Illustrated menyoroti dominasi Fischer atas Petrosian karena sistem persiapan Petrosian yang dianggap sudah ketinggalan zaman.

Fischer pun meraih rating yang jauh lebih tinggi daripada pecatur manapun di dalam sejarah saat itu. Pada daftar peringkat FIDE Juli 1972, rating Elo-nya 2785 sebanyak 125 poin di atas peringkat nomor dua Spassky 2660.

Hasilnya ini memungkinkan dia untuk menantang Juara Dunia Boris Spassky, yang belum pernah dia kalahkan dengan rekor tiga kali kalah dan dua kali remis.

Next: Juara dunia.

(Bersambung)

***

Tulisan sebelumnya: Mengenal Bobby Fischer [5] Menjenguk Mikhail Tal di Rumah Sakit