PDIP Bisa Usung Sendiri Capresnya

Dari gambaran ini, kita jadi paham perkiraan wajah perpolitikan tanah air ke depan.

Jumat, 25 Februari 2022 | 13:15 WIB
0
122
PDIP Bisa Usung Sendiri Capresnya
PDIP (Foto: posrakyat.com)

Hasil Survei Kepemimpinan Nasional yang digelar Harian Kompas terbaru menempatkan PDI Perjuangan anteng meraih elektabilitas tertinggi 22,8 persen -- naik tiga persen dari hasil Pemilu 2019. 

Di bawahnya, menyusul dalam rentang yang jauh, Gerindra 13,9 persen, lalu Demokrat 10,7 persen, Partai Golkar 8,6 persen, PKS 6,8 persen, dan PKB 5,5 persen.

Stop. Hanya enam partai ini yang -- merujuk ke survei -- memenuhi electoral threshold, ambang batas untuk bertahan sebagai partai yang layak menempatkan wakilnya di DPR. Dan hanya PDIP yang kelak bisa mengusung calon presidennya sendiri tanpa harus menggamit partai lain. 

Selebihnya, yaitu Nasdem, PPP, PAN, Perindo, PSI, dan seterusnya, terancam jadi partai paria: terdepak dari klasemen liga utama dengan tingkat keterpilihan di bawah batas 4% yang disyaratkan undang-undang. Meski, tentu saja mereka masih bisa diselamatkan dengan sikap 17,6 persen pemilih yang belum menentukan pilihan.

Dari gambaran ini, kita jadi paham perkiraan wajah perpolitikan tanah air ke depan. Nyaris tak ada kejutan. Tentu ada kepanikan yang mulai merambat hari-hari ini terutama pada tiga partai besar: Nasdem, PPP, dan PAN yang terancam jadi partai gurem. 

Selebihnya, sesuai perkiraan: sekali gurem, tetap jadi gurem. 

***