Keluarga Ibunda Prabowo Mantap Pilih Paslon Nomor 01

ini membuktikan bahwa meski masih memiliki hubungan kekerabatan, namun kepentingan bangsa lebih di atas kepentingan keluarga.

Jumat, 12 April 2019 | 16:50 WIB
0
109
Keluarga Ibunda Prabowo Mantap Pilih Paslon Nomor 01
Prabowo, saudara dan ibundanya (Foto: Sumber.com)

Dukungan kepada paslon nomor urut 01 Jokowi Ma’ruf terus bergulir bahkan dukungan tersebut kini datang dari keluarga besar Capres nomor urut 02 Prabowo Subianto. Hal ini terungkap saat masyarakat Sulawesi Utara memberikan dukungan kepada paslon nomor urut 01 Jokowi – Ma’ruf.

Video deklarasi tersebut diunggah oleh salah satu pengguna akun twitter @baciritaID pada Selasa 2 April 2019. Pemilik akun tersebut juga mengatakan bahwa video tersebut menampilkan keluarga Prabowo di Sulawesi Utara yang memberikan dukungan kepada Jokowi. 

Dalam video tersebut terlihat kurang lebih 12 orang menggunakan pakaian khas pendukung Jokowi – Ma’ruf Amin. Salah satu dari mereka berbicara memperkenalkan nama dari masing – masing yang hadir saat itu. Tidak terlalu jelas pria tersebut menyebut nama – namanya, namun terdengar nama belakang dari mereka itu ialah Sigar.

“Kami keponakan asli dari Bapak Prabowo Subianto. Asli dan kami ini keluarga besar Sigar berada di sini menjunjung Bapak Jokowi satu,” tutur Pria tersebut.

Sigar merupakan marga dari keturunan Minahasa. Marga tersebut bertengger di nama sang Ibunda Prabowo, Dora Marie Sigar.

“Alasan kami memilih Bapak Jokowi karena dari hati sanubari,” ujar Freddy Lumansik alias Eddy yang menyampaikan dukungannya kepada paslon 01.

Freddy merupakan keponakan kandung Prabowo Subianto dari pihak Ibu. Tidak hanya Freddy, tapi segenap keluarga besar Sigar mendeklarasikan dukungannya kepada paslon 01 di Pilpres 2019 di kampung halaman Ibunda Prabowo tersebut.

“Pak Freddy ini adalah keponakan kandung Pak Prabowo. Beliau bersama istrinya, keponakannya, neneknya, semua anggota keluarganya memilih menggunakan hati sanubarinya,” ujar Laksdya TNI (Purn) Fred Lonan yang hadir mewakili kelompok relawan Bravo – 5.

Dirinya lalu mengatakan bahwa Jokowi dan pemerintahannya tidak pernah berkata bohong atau membuat berita hoaks. “Pak Jokowi dan pemerintahanya tidak pernah bercerita terbalik (memutar balikkan fakta),” ujarnya.

Selain Fred, turut hadir pula Ruhut Sitompul di bawah bendera Bravo – 5. “Kami diundang keluarga almarhum Ibu Dora Sigar (nama Ibunda Prabowo). Mereka ingin menyampaikan kebulatan tekad, atau pernyataan, kita dengarkan bersama – sama,” Tukas Ruhut sembari mengapresiasi keluarga yang berani menentukan pilihan berdasarkan hati nurani.

“Ya inilah Pak Joko Widodo itu betul – betul ingin mengabdi kerja untuk rakyat termasuk di Sulawesi Utara ini, di Manado, istimewanya di kampung Pak Prabowo,” imbuh Ruhut yang menilai bahwa masyarakat Desa Tounelet yang memberikan dukungan kepada Jokowi adalah sesuatu yang wajar.

Ruhut mengatakan bahwa menangnya Jokowi dalam Pilpres tahun ini, hendaknya menjadi kemenangan seluruh rakyat Indonesia termasuk masyarakat di kampung halaman Prabowo Subianto.

“Mereka kristiani-nya sangat kuat. Mereka tahu, mereka bukan melihat partai, tapi khawatir didukung oleh HTI, FPI, yang gitu – gitu. Mereka mau yang nasionalis,” tambah Ruhut.
Selain itu alasan keluarga Sigar memilih untuk memberikan dukunganya kepada Jokowi, adalah karena pihaknya mendukung Jokowi dalam kinerja yang ditunjukkan capres petahana tersebut. Ia juga menjelaskan bahwa perolehan suara Jokowi di kampung keluarga Sigar jauh di atas Prabowo pada Pilpres 2014.

Di Sulawesi Utara, kecenderungan pemilih pragmatis sangat tinggi. Bawaslu mengeluarkan tipe kerawanan Pemilu 2019 dan Sulut merupakan salah satu kategori rawan politik uang. Sehingga kecil kemungkinan jika sikap politik pemilih akan cenderung memilih karena seagama. Meski politik identitas di tanah Minahasa tersebut sulit dihindari, namun tipologi keputusan pemilih seperti itu cenderung tidak kuat sebab struktur sosial masyarakat. Meski berbeda keyakinan agama tetapi telah memiliki kekerabatan yang erat.

Hal ini tentu mirip dengan sebagian keluarga besar dari Sandiaga Uno di Gorontalo yang memilih mendukung paslon nomor urut 01 Jokowi – Ma’ruf Amin. Rudi Hartono selaku anggota TKD Gorontalo telah bersepakat untuk mendukung sekali lagi Pak Jokowi sebagai presiden.

Rudi juga menyampaikan alasan keluarga uno memberikan dukungan Jokowi untuk memimpin satu periode lagi. Salah satunya melihat kinerja Jokowi selama hampir 5 tahun memimpin Indonesia. dirinya menambahkan bahwa selama periode tersebut, Jokowi telah memberikan perhatian terhadap pembangunan di Gorontalo.

Hal ini membuktikan bahwa meski masih memiliki hubungan kekerabatan, namun kepentingan bangsa lebih di atas kepentingan keluarga.

***