Hakikat Kemenangan

Rabu, 12 Mei 2021 | 09:14 WIB
0
109
Hakikat Kemenangan

Umat Islam di Indonesia dua kali merayakan Idul Fitri dalam suasana pandemi Covid-19. Hari raya di tahun ini –sama seperti tahun lalu, umat Islam Indonesia niscaya tetap merayakannya sesuai dengan protokol kesehatan. Kemenangan yang sangat diharapkan, bukan sekedar momentum Idul Fitri namun sampai pada kemenangan hakiki. Kemenangan dimana tidak ada lagi penjajahan di negeri-negeri kaum muslim, kedudukan dan kehormatan terjaga, nyawa dan diri terpelihara, hak-hak dasar hidup seluruh masyarakat terjamin, kemudahan beribadah dengan khusyu’.

Kemenangan dengan makna ini lebih mulia dan agung karena lebih besar manfaatnya, lebih nikmat rasanya dan lebih abadi waktunya. Kemenangan jenis ini diisyaratkan di dalam firman Allah:

إِنَّا فَتَحْنَا لَكَ فَتْحًا مُبِينًا (1) لِيَغْفِرَ لَكَ اللَّهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِكَ وَمَا تَأَخَّرَ وَيُتِمَّ نِعْمَتَهُ عَلَيْكَ وَيَهْدِيَكَ صِرَاطًا مُسْتَقِيمًا

Artinya: “Sungguh, Kami telah memberikan kepadamu kemenangan yang  nyata. Allah memberikan ampunan kepadamu (Muhammad) atas dosamu yang lalu dan yang akan datang serta menyempurnakan nikmat-Nya atasmu dan menunjukimu ke jalan yang lurus.” (QS Al-Fath 1-2).

Surat Al-Fath sejatinya membahas terkait perjanjian Hudaibiyah yang merupakan salah satu kemenangan kaum muslimin atas kaum musyrikin, namun Allah menyebutkan “makna” kemenangan yang lain, yaitu berupa ampunan Allah atas Nabi Muhammad dan pengikutnya. Kemudian Allah berfirman menyebutkan jenis kemenangan yang lain:

لِيُدْخِلَ الْمُؤْمِنِينَ وَالْمُؤْمِنَاتِ جَنَّاتٍ تَجْرِي مِنْ تَحْتِهَا الْأَنْهَارُ خَالِدِينَ فِيهَا وَيُكَفِّرَ عَنْهُمْ سَيِّئَاتِهِمْ وَكَانَ ذَلِكَ عِنْدَ اللَّهِ فَوْزًا عَظِيمًا

Artinya: “Agar Dia memasukkan orang-orang mukmin laki-laki dan perempuan ke dalam surga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai, mereka kekal di dalamnya dan Allah akan menghapus kesalahan-kesalahan mereka, dan yang demikian itu menurut Allah adalah kemenangan yang besar.” (QS Al-Fath 5).

Di dalam ayat ini, Allah memaparkan tentang jenis dan makna bagi kemenangan yang lain, yaitu anugerah berupa surga-Nya bagi orang-orang yang beriman, dan Allah menutup ayat tersebut dengan firman-Nya: “Dan yang demikian itu menurut Allah adalah kemenangan yang besar.”

Mayoritas kaum muslimin memahami bahwa kemenangan hakiki adalah kemenangan yang dijanjikan oleh Allah, , yaitu kemenangan maknawi berupa ampunan Allah bagi orang-orang yang beriman dan anugerah surga yang merupakan salah satu puncak kenikmatan dari Allah. Makna kemenangan ini senantiasa hadir di tengah-tengah kaum muslimin di semua keadaan.

 Selamat Hari Raya Idul Fitri 1442 H/2021. Taqabbalallahu Minna Wa Minkum,
Jiwa-jiwa kembali putih seakan lahir kembali. Jutaan syukur menggema di langit ilahi. Semoga kemenangan ini menjadi kemenangan hakiki.

Idul Fitri adalah kesempatan yang tepat bagi kita untuk bersukacita dalam kebahagiaan bersama dan mempererat ikatan keluarga kita. Idul Fitri untuk kita semua
Kami Dr. Abdul Mujib, M.Pd.I & Dr. Yuyun Yunita, M.Pd.I dan Keluarga
Mohon Maaf Lahir dan Batin.