Selamat Datang Debat Pilpres 2019!

Rabu, 16 Januari 2019 | 19:42 WIB
0
119
Selamat Datang Debat Pilpres 2019!
Pasangan Capres (Foto: Indonesia Times)

Debat Capres dan Cawapres Paslon satu dan dua akan dimulai hari Kamis (17/1/2019). Saya sambil ngopi berpikir, dalam debat masalah korupsi, jawaban sebaiknya, simpel, karena waktu pendek dan harus diperkuat dengan data. Di sini paslon-01 sepertinya akan lebih unggul, datanya lebih lengkap.

Menurut anggtota BPN Paslon-02, Habiburokhman, salah satu kisi-kisi pertanyaannya, terkait pencegahan dan penindakan dalam konteks pemberantasan korupsi.

Menurut dia, Prabowo-Sandi nantinya akan menguatkan kedua aspek baik pencegahan dan penindakan dalam pemberantasan korupsi. Sebab, kedua aspek pemberantasan korupsi itu harus berjalan beriringan.

Dalam debat Kamis nanti, perlu dipahami bahwa korupsi di sini complicated sudah bukan budaya lagi tetapi komoditas. Saya dalam beberapa artikel pernah menulis masalah korupsi. Karena itu paham, prioritasnya, preventif atau represif yang didahulukan, menurut saya belum tentu harus beriringan seperti teori BPN itu. Banyak faktor-faktor yang memengaruhinya.

Nah, tanpa data yang akurat, maka Paslon-02 tidak akan bisa menjelaskan secara sederhana, ini berarti nanti dinilai oleh pemirsa mereka tidak memahami inti masalah.

Petahana sudah satu periode menangani masalah korupsi yang bak gurita, belalainya menyentuh eksekutif, legislatif dan bahkan yudikatif.

Saya jadi teringat kata-kata bijak dari Albert Einstein, "If you can’t explain it simply, you don’t understand it well enough."

Tidak usah muluk-muluk, sederhana, tapi realistis, lagi pula waktunya terbatas.

Kira-kira begitu, salam...

***

Marsda Pur Prayitno Ramelan, Pengamat Intelijen