Hoax Masih Jadi Senjata Mematikan

Mari kita perangi hoax dengan berpikir cerdas dan gegabah dalam bersikap. Ayo hidupkan lagi budaya Indonesia. Damai untuk selamanya.

Senin, 30 September 2019 | 22:09 WIB
0
244
Hoax Masih Jadi Senjata Mematikan

Hoax atau kabar yang tak benar, selalu ada di sekitar kita. Apalagi sekarang media sosial sudah ada di mana-mana. Semua tangan bisa menulis dan beropini tentang apa pun. Kadang foto nya tentang apa, caption beda. Tafsir ini yang bisa menjadi bahaya bagi siapa saja.

Dari zaman dulu hoax adalah senjata propaganda. Kadang ini efektif untuk mempengaruhi seseorang atau masyarakat. Orang yang selalu mengambil semua info tanpa difilter itu berbahaya.

Mudah diombang-ambing oleh keadaan. Kadang foto kejadian lama dan tempat berbeda tetapi isi berita dibuat untuk saat ini. Inilah penyesatan opini dan informasi.

Kita harus selektif dalam mengambil informasi. Jangan sampai kita tanpa sadar menyebar hoax. Mungkin karena kita tak baca info yang kita sebar, karena terlalu percaya kepada orang yang menyebar pertama.

Saat ini semua orang terkoneksi lewat internet. Jarak dan waktu bukan menjadi pengahalang saat ini. Inilah sasaran utama tersebarnya informasi.

Hoax memang senjata populer untuk para buzzer. Mereka memakai hoax untuk pengaruhi keputusan publik. Memang inilah model perang zaman sekarang, tak perlu pakai senjata kimia atau senjata mesin otomatis. Cukup dengan hoax semua akan mati pelan-pelan.

Saat ini kita harus jeli dalam menerima informasi. Apalagi sekarang Indonesia sedang diuji baik ekonomi dan politik. Konflik banyak terjadi saat ini, yang terbaru Wamena. Mari kita perangi hoax dengan berpikir cerdas dan gegabah dalam bersikap.

Ayo hidupkan lagi budaya Indonesia. Damai untuk selamanya.

***