Upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional 2021

Ketahuilah tidak ada tantangan yang sulit jika kita lalui memalui gotong royong, SDM Unggul Indonesia maju.

Minggu, 2 Mei 2021 | 09:48 WIB
0
33
Upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional 2021
Memperingati Hari Pendidikan Nasional Tahun 2021

Peringatan Hardiknas 2021 ini masih berada pada kondisi pandemi, sehingga tidak memungkinkan untuk melakukan perayaan upacara  seperti pada hari normal biasa, Uparaca dilakukan dengan 2 Model ada yang daring dan ada yang luring. Kegiatan luring beberapa instansi  perayaan Hardiknas 2021 dengan protokol kesehatan ketat, tapi tetap menghimbau semuanya mengutamakan pencegahan Covid 19.

Terlepas dari itu terutama yang menjadi tenaga pendidik, guru ataupun pelajar, siswa maupun mahasiswa perlu tahu sejarah Hari Pendidikan Nasional atau Hardiknas itu terjadi.

Perayaan Hari Pendidikan Nasional di Indonesia pada tanggal 2 Mei sendiri mengacu pada hari lahirnya Ki Hajar Dewantara yang menjadi pahlawan nasional karena jasanya di bidang pendidikan. Sepak terjang beliaulah yang menjadi jasa terbesar, sehingga kini semua lapisan masyarakat bisa merasakan pendidikan secara umum.

Awalnya, Ki Hajar Dewantara menentang sistem pendidikan pada zaman penjajahan Belanda. Sistem pendidikan tersebut hanya mengijinkan anak-anak keturunan Belanda atau anak-anak orang kaya saja yang bisa masuk dan belajar di sekolah. Sementara anak pribumi yang kelas ekonominya rendah dianggap tidak pantas, sehingga terjadi ketimpangan yang besar. Atas aksi protes dan pendapatnya ini, beliau kemudian diasingkan ke Belanda. Namun alih-alih merasa takut, justru ketika ia kembali ke Indonesia setelah pengasingan itu ia semakin getol menentang sistem pendidikan ini.

Ki Hajar Dewantara kemudian mendirikan National Onderwijs Institut Taman Siswa, yang kemudian dikenal dengan nama Taman Siswa.

Lembaga inilah yang jadi cikal bakal Sekolah Rakyat yang kemudian mampu membawa pendidikan ke kaum menengah kebawah, yang tadinya tak bisa menikmati sekolah. Meski memang perjuangannya tidak hanya berhenti di sana saja, namun momen ini menjadi poin penting kemudian nama Ki Hajar Dewantara masuk dalam daftar nama Pahlawan Nasional.

Masyarakat bisa mengikuti acara upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional 2021 ini pada kanal YouTube  atau kanal pendidikan lain secara online pada hari Minggu.

Hari ini kita bangkitkan semangat belajar yang di prakarsai oleh Ki Hajar Dewantara, dengan merdekakan kehidupan manusia “ pesan Menteri Kemendikbud-Ristek. Kementerian ini selalu melakukan trobosan belajar melalui merdeka belajar, “ tambahnya

Mari kita ciptakan sejarah yang gemilang dan tak terbantahkan, Ketahuilah tidak ada tantangan yang sulit jika kita lalui memalui gotong royong, SDM Unggul Indonesia maju. Serentak Bergerak Mewujudkan Merdeka Belajar” kata beliau meng akhiri sambutanya(AM)

***