Kekuatan Gerakan Cendana

Organ politik asli Orde Baru macam Golkar sebagian tidak suka dengan gerakan Cendana mereka lebih akrab kepada kekuatan kekuatan politik baru reformasi.

Minggu, 31 Mei 2020 | 11:41 WIB
0
380
Kekuatan Gerakan Cendana
Ilustrasi Orde Baru dengan Soeharto-nya (Foto: tirto.id)

Kelompok Orde Baru itu sebenarnya sudah lemah. Inti mereka hanyalah di kekuatan modal Cendana yang sudah di proxy ke beberapa pengusaha sebagian juga ke pengusaha pengusaha era BPPN yang jual beli aset murah.

Anak anak pemaen BPPN ini beberapa mencoba menyusup ke pemerintahan dan sebagian berhasil tapi kekuatan politik mereka lemah, mereka tidak punya massa organik sebagai bagian gerakan sel sel politik.

Ada sebagian dari mereka juga yang menjadi kelompok lawyer korporat menyusup ke lembaga lembaga ad hoc. Kekuatan mereka juga lemah karena sedikit lagi terbongkar permainannya.

Kelompok ini juga berusaha menjadi influencer terhadap isu isu di tataran kelas menengah tapi sifatnya hanya sporadis.

Kekuatan yang paling besar justru kelompok organ baru sisa kekuatan Ali Moertopo yang dibina sejak 1968 sekarang sudah menjadi sel sel mandiri dan menjadi kekuatan propagandis ini yang sulit dikendalikan, tapi lucunya kekuatan ini yang sering dompleng sama Orde Baru justru agak dibenci sama kelompok kelompok Orde Baru sesungguhnya karena sejak lama mereka dicurigai.

Kaum Orba tulen malah agak seneng dengan sisa sisa PSI 1970-an yang menjadi tulang punggung intelektual.

Sementara organ politik asli Orde Baru macam Golkar sebagian tidak suka dengan gerakan Cendana mereka lebih akrab kepada kekuatan kekuatan politik baru reformasi.

Nah yang maen isu isu hoax, isu isu yang aneh aneh dan melawan kaidah kaidah ilmiah sejarah itu kekuatan propagandis sisa sisa gerakan Ali Moertopo yang sebenarnya dulu tiarap di jaman Benny Moerdani...

Kekuatan mereka lemah karena ya itu tadi: a-historis. Sesuatu kalau tidak punya landasan sejarahnya dan punya logika lompat lompat terhadap sejarah ya... sangat lemah sifatnya sebagai sebuah gerakan politik yang konsisten.

Agak mudah sebenarnya memenangkan politik 2024 kalau hanya untuk lawan Gerakan Cendana.

***