Pancasila Itu Seperti Rukun Islam dan Al Fatihah

Jadi siapapun dia, yang tidak hafal PANCASILA memang kayak dihujat. Dan belajar menghafal lagi Serta menelusuri maknanya.

Senin, 9 Maret 2020 | 06:10 WIB
0
158
Pancasila Itu Seperti Rukun Islam dan Al Fatihah
Kalista Iskandar (Foto: tribunnews.com)

Demam panggung atau apakah namanya sama sekali tidak bisa dijadikan alasan. Jika dogma melekat di benak dan hati, lidah sudah terpatri. Jadi ketika ditanya 5 sila PANCASILA, pastilah lancar. Jikapun terkial saat pengucapan baru itu dibilang gugup asalkan kalimatnya benar.

Jelas dara Sumbar yang ikut kontes putri-putrian itu tidak hafal PANCASILA. Bukan gugup.

Kita hendaknya tidak boleh toleran pada mereka yang tidak hapal PANCASILA.

Masalahnya, ini ideologi bernegara dan berbangsa. Dia merupakan mukadimah inti konstitusi kita. Dan merupakan panduan tata cara bertindak dalam berbangsa dan bernegara.

Jika dikaitkan dengan Islam, maka PANCASILA dapat disampaikan dengan rukun Islam yang lima serta bacaan Al Fatihah. Tanpa hapal diluar kepala, belumlah orang bisa dikatakan sebagai seorang Muslim.

Membela seorang yang tidak hapal dengan aneka alasan dengan tujuan pembenaran dan pemakluman, berarti membolehkan pembiaran.

Pembiaran tidak hapal PANCASILA yang pada akhirnya menuju korosi makna berbangsa dan bernegara.

Jika dibiarkan, Indonesia nanti cuma sekedar nama tanpa rasa bangga memilikinya. Dan ketika ada yang salah melafalkan PANCASILA, maka itu bukan dianggap sebagai cacat rasa kebangsaan yang harus disedihkan dan diprihatinkan. Malahan yang bersangkutan dan khalayak ramai memperlakukannya sebagai mainan dan dagelan.

Jadi siapapun dia, yang tidak hafal PANCASILA memang kayak dihujat. Dan belajar menghafal lagi Serta menelusuri maknanya.

Agar nantinya mereka mengerti bahwa utuhnya bangsa ini karena ada PANCASILA.

Agar mereka paham bahwa tidak sah seseorang , secara ideologi, menjadi orang Indonesia jika tidak hafal PANCASILA.

***