Iran Sambut Kapal Induk USS John C Stennis dengan Latihan Perang

Minggu, 23 Desember 2018 | 16:15 WIB
0
355
Iran Sambut Kapal Induk USS John C Stennis dengan Latihan Perang
Latihan perang Iran (Foto: Sindonews.com)

Beberapa minggu yang lalu Angkatan Laut Amerika melakukan misi "unjuk kekuatan kepada Iran" dengan mengirimkan kapal induk USS John C Stennis menuju ke teluk Persia. Terakhir kali kapal induk USS John C Stennis berlayar ke teluk Persia pada tahun 2001.

Dan pada hari Sabtu 22/12/2018 kapal induk USS John C Stennis sudah tiba atau memasuki perairan teluk Persia. Rupanya kedatangan kapal induk USS John C Stennis di teluk Persia disambut oleh Korps Garda Revolusi Islam Iran (IRGC) dengan mengadakan latihan secara besar-besaran dari tiga matra: angkatan darat, angkatan laut dan angkatan udara. Dengan persenjataan yang lengkap.

Seluruh armada tempur Korps garda Revolusi Islam Iran siap siaga menyambut kedatangan kapal induk Amerika USS John C Stennis dengan melakukan manuver ofensif, yang artinya: serangan yang bersifat agresif dengan tujuan menimbulkan gangguan atau ketidaksenangan pihak lawan, dalam hal ini kapal induk USS John C Stennis.

Korps Garda Revolusi Iran dengan pasukan khususnya pasukan Sabirin melakukan manuver atau unjuk aksi dengan menguasai atau menduduki pelabuhan dan menyerbu pada sebuah teluk di perairan teluk Persia.

Bahkan kapal-kapal perang Iran juga unjuk aksi di dekat kapal induk USS John C Stennis dengan menembakan uji coba rudal jarak pendek di perairan teluk Persia. Tentu latihan perang yang bersifat ofensif ini sangat membahayakan atau malah menambah ketegangan antara Iran dan AS. Karena kalau kapal induk AS merespon, maka segala kemungkinan bisa saja terjadi.

Seakan Iran ingin menunjukkan kesiapannya untuk perang melawan kepada kapal induk USS John C Stennis. Latihan perang yang bersifat ofensif ini memakai sandi "Payambar-e Azam 12 (Nabi Besar)" seperti yang dijelaskan Komandan IRGC Brigjen Pakpour.

Kapal induk USS John C Stennis sendiri akan berada di perairan teluk Persia kurang lebih dua bulan. Kehadirannya sebagai unjuk kekuatan kepada Iran, karena Iran menghadapi sanksi dari Amerika pasca keluarnya Amerika dari perjanjian nuklir.

Dan kehadiran kapal induk AS akan menambah ketegangan, malah tidak menutup kemungkinan akan terjadi gesekan dengan Angkatan Laut Iran yang selalu mengawasi pergerakan kapal induk USS John C Stennis tersebut.

Sepertinya Iran pantang untuk ditekan, apalagi digertak atau ditakut-takuti.

***