Netizen Sebaiknya Paham Konflik Palestina-Israel

Konflik Palestina-Israel memang nyata, penderitaan rakyat Palestina memang nyata, tapi solusinya bukan dengan retorika teriak-teriak bela agama.

Senin, 17 Mei 2021 | 08:02 WIB
0
92
Netizen Sebaiknya Paham Konflik Palestina-Israel
Warga Palestina dan Israel (Foto: detik.com)

Saya senang sudah ada beberapa blogger yang menulis tentang sejarah konflik Palestine-Israel ini. Inilah yang seharusnya kita lakukan.

Cari tahu sebanyak-banyaknya apa duduk perkaranya. Karena faktanya kita ini nyaris buta tentang sejarah konflik Palestina-Israel yang dimulai tahun 1948. Saat negara Israel didirikan dengan mencaplok wilayah Palestina dan kemudian menggusur penduduk asli di sana.

Belum lagi kalo lini masanya dimundurkan lagi ke belakang, saat bangsa Israel tersebar di berbagai negara Eropa, Rusia yang terkenal dengan sebutan diaspora.

Sebetulnya mereka sudah lumayan terintegrasi pada masing-masing negara yang mereka diami. Meskipun masih dipandang sebagai pendatang. Tapi kemudian datanglah Hitler di Jerman yang ingin memusnahkan orang Yahudi dari muka bumi. Yang disebut dengan holocaust.

Maka tekad orang Yahudi menjadi bulat setelah PD II berakhir untuk kembali ke tanah airnya yang disebut dengan Zionisme. Dan tanah air yang dimaksud itu adalah wilayah Palestina.

Saya senang ada beberapa penulis yang mulai menarasikan sejarah konflik ini, karena ini bisa membuka mata kita tentang apa yang sesungguhnya terjadi. Bahwa tidak ada isu agama di situ. Ini yang perlu kita pahami. Yang ada adalah fihak-fihak yang memanfaatkan sentimen agama untuk menarik support dari masyarakat dunia.

Marilah kita terus membaca segala informasi tentang sejarah konflik Palestina-Israel ini, supaya tidak "dibodohi" orang supaya teriak ini teriak itu, kutuk ini kutuk itu padahal kita cuma diperalat oleh mereka.

Konflik Palestina-Israel memang nyata, penderitaan rakyat Palestina memang nyata, tapi solusinya bukan dengan retorika teriak-teriak bela agama. That is very useless.

***