Imam Abubakar Abdullahi Sang Penyelamat Warga Kristen Di Nigeria

Abdullahi menghadang di depan pintu dan meminta kepada pemburu tersebut untuk memberikan pengampunan kepada warga petani.

Selasa, 23 Juli 2019 | 18:22 WIB
0
446
Imam Abubakar Abdullahi Sang Penyelamat Warga Kristen Di Nigeria
Abubakar Abdullahi (Foto: BBC.com)

Tokoh agama atau ulama dari Nigeria yaitu Iman Abubakar Abdullahi (83) mendapat penghargaan dari pemerintah Amerika. Ia menerima penghargaan karena telah menyelamatkan 262 warga dari serangan suku Fulani di Negeria. Tapi, tulisan ini bukan untuk mengapresiasi penghargaan tersebut.

Seperti kita ketahui, konflik suku Fulani yang merupakan penggembala sapi dan kambing dengan petani sering terjadi. Suku Fulani mayoritas beragama Islam, sedangkan para petani mayoritas beragama kristen. Konflik dipicu sapi dan kambing sering memakan hasil pertanian milik warga yang beragama kristen. Hal-hal inilah yang memicu konflik berdarah dengan korban jiwa mencapai ribuan.

Suku Fulani hidupnya nomaden atau berpindah-pindah dengan menggembala atau angon sapi dan kambing. Sekalipun penggembala sapi dan kambing, tapi suku Fulani sering menenteng senapan AK-47.

Senjata inilah akhirnya banyak membunuh suka lain yang mayoritas beraga Kristen.

Pada 23 Juni 2018 di negara bagian Plateu, Nigeria, sekelompok suku Fulani yang mayoritas Islam menyerang di sepuluh desa yang mayoritas beraga Kristen. Korban jiwa dan rumah dibakar tidak bisa dihindarkan. Warga Kristen menjadi buruan suku Fulani.

Tapi ada tokoh agama atau ulama yang sudah berusia sepuh yaitu Imam Abubakar Abdullahi memberikan keamanan atau perlindungan kepada warga petani yang beragama Kristen tersebut.

Ketika suku Fulani memburu warga petani tersebut, Imam Abubakar Abdullahi menyembunyikan warga Kristen tersebut di dalam Masjid dan di rumahnya. Jumlahnya cukup banyak yaitu 262 warga. Bahkan Abubakar Abdullahi berani mempertaruhkan nyawanya demi melindungi warga Kristen tesebut.

Abdullahi menghadang di depan pintu dan meminta kepada pemburu tersebut untuk memberikan pengampunan kepada warga petani.

Kalau tokoh-tokoh agama seperti Imam Abubakar Abdullahi yang memberikan perlindungan kepada minoritas yang lagi terancam nyawanya, tentuk konflik yang berlatar agama bisa dicegah atau dikurangi.

***