Ketahui 5 Perbedaan antara Homogenous Tile dan Porcelain Tile

Senin, 9 Januari 2023 | 14:32 WIB
0
103
Ketahui 5 Perbedaan antara Homogenous Tile dan Porcelain Tile
Sumber: Canva.com

Porselen dan homogeneous tile (HT) bukanlah hal baru bagi industri konstruksi. Baik itu porselen (keramik) atau HT, keduanya merupakan pilihan ubin atau pelapis dinding yang disukai banyak orang. Hal ini dikarenakan kedua bahan tersebut lebih indah dan estetis dibandingkan keramik konvensional.

Terkadang banyak orang yang menyamakan kedua bahan ini karena bahannya yang hampir mirip. Oleh karena itu, wajar jika masih banyak orang yang belum bisa membedakan keduanya. Bagi Anda yang ingin membangun rumah, Anda perlu memahami perbedaan antara keduanya.

Baca Juga: Perbedaan Homogenous Tile dan Porcelain Tile! Mana yang Lebih Unggul?

Perbedaan antara Homogeneous Tile dan Porselen

Jelas, ada perbedaan yang signifikan antara ubin homogen dan ubin porselen. Berikut perbedaan yang bisa Anda temukan.

1. Variasi Pola

Variasi pola ubin porselen cenderung lebih banyak dibandingkan dengan HT. Faktanya, ubin porselen dapat dirancang untuk menonjolkan pola seperti kayu, batu, atau kain agar pilihannya lebih eksploratif.

2. Bentuk dan Desain

Variasi pola ubin porselen berkaitan dengan bentuk dan desainnya karena ubin jenis ini memiliki dua lapisan yang terlihat jelas di sisi badan ubin.

Sedangkan pada bata homogen tidak terdapat 2 lapisan tersebut. Semua bagian HT akan memiliki bahan dan warna yang sama dari atas sampai bawah.

3. Harga

Harga ubin porselen cenderung lebih murah dibandingkan ubin homogen. Pasalnya, proses pembuatan HT cenderung lebih kompleks dibandingkan ubin porselen. Karena harganya yang lebih mahal, tentu saja kualitas HT akan lebih tinggi dari ubin porselen.

4. Maintenance

Ubin homogen memiliki pori-pori yang lebih kecil, mengurangi kemampuan keramik untuk menyimpan kotoran. Meski kotor, ubin homogen mudah dibersihkan.

Ubin porselen memiliki permukaan yang lembut, jadi Anda perlu membersihkan noda sebelum mengering. Saat memindahkan benda di atas lantai porselen, usahakan untuk mengangkat benda tersebut bukan menyeretnya agar tidak menggores lantai.

5. Aplikasi

Sebelum diaplikasikan, keramik homogen tidak perlu direndam seperti halnya keramik konvensional. Selama proses produksinya, keramik homogen mengalami proses khusus berteknologi tinggi. Keramik ini juga diproduksi dalam waktu singkat dengan pembakaran sempurna hingga 1230⁰ C.

Sedangkan untuk porselen, porselen perlu direndam dalam air agar lebih elastis dan lebih mudah menempel saat pemasangan. Saat memasang ubin, oleskan sedikit semen yang dicampur air ke dasar keramik untuk meningkatkan daya rekat. Selain itu, bersihkan batu bata dari kerikil dan padatkan secara merata untuk memastikan tidak ada rongga atau bagian bawah yang berlubang karena nantinya akan menyebabkan batu bata menjadi kendur.

Baca Juga: 3 Tips agar Kolam Ikan Tidak Bocor

Demikian informasi mengenai lima perbedaan keramik porselen dan homogeneous tile (HT). Menurut Anda, mana yang lebih cocok untuk digunakan pada hunian Anda? Semoga artikel ini bermanfaat.