Mengapa Ada Perbedaan Preferensi untuk Sufiks dan Prefiks di Berbagai Bahasa?

Cara otak manusia memandang dan memproses dunia di sekitarnya memengaruhi bahasa, tetapi tidak setiap fitur bahasa adalah cerminan langsung dari ini.

Sabtu, 26 September 2020 | 16:55 WIB
0
185
Mengapa Ada Perbedaan Preferensi untuk Sufiks dan Prefiks di Berbagai Bahasa?
ilustr: Ginger Software

Peneliti linguistik menggunakan banyak penelitian tentang bahasa Inggris dan bahasa Barat lainnya untuk membuat asumsi luas tentang tren dalam bahasa manusia, termasuk preferensi universal yang jelas untuk sufiks (misalnya, -less, -able, -ment) daripada prefiks (misalnya, fore-, anti-, trans-. ). Karena ilmuwan psikologis mengenali hubungan yang kuat antara bahasa dan kognisi, kecenderungan sufiks mendominasi bahasa manusia mungkin mencerminkan sifat universal tentang cara kita berpikir dan memproses dunia di sekitar kita.

Namun, penelitian baru yang diterbitkan dalam jurnal Psychological Science mengungkapkan bahwa meskipun banyak populasi menyukai sufiks dengan cara yang sama seperti penutur bahasa Inggris, yang lain tidak, termasuk penutur bahasa Bantu Afrika Kîîtharaka. Penemuan tidak terduga ini menantang gagasan bahwa bahasa Barat sudah cukup ketika mempelajari bahasa dan hubungannya dengan ilmu psikologis.

"Hipotesis asli bahwa manusia pada umumnya lebih menyukai sufiks sangat masuk akal, setidaknya bagi kami penutur bahasa Inggris," kata Alexander Martin, seorang peneliti bahasa di Universitas Edinburgh dan peneliti utama makalah tersebut. "Oleh karena itu, kami terkejut melihat betapa mencolok perbedaan kedua populasi [penutur bahasa Inggris dan penutur Kîîtharaka] dalam hal ini."

Untuk penelitian mereka, Martin dan rekan-rekannya mempelajari karakteristik kata tertentu di antara dua populasi - satu yang bahasanya lebih sering mengandalkan sufiks (51 penutur bahasa Inggris) dan satu yang bahasanya lebih mengandalkan prefiks (72 penutur Kîîtharaka). Peserta disajikan dengan urutan bentuk atau suku kata diikuti oleh dua urutan tambahan. Mereka kemudian diminta untuk mengidentifikasi urutan yang paling mirip dengan urutan aslinya. Berdasarkan hasil mereka, para peneliti dapat mengidentifikasi bagian mana dari urutan yang dianggap paling penting oleh pembicara dan oleh karena itu cenderung tidak dimodifikasi.

Penutur bahasa Inggris menganggap awal kata sebagai lebih penting, karakteristik bahasa yang mencerminkan penggunaan sufiks bahasa Inggris. Namun, penutur Kîîtharaka cenderung menganggap akhiran sebagai hal yang lebih penting, memilih untuk memilih urutan yang mengubah awal kata.

“Temuan ini benar-benar menantang klaim sebelumnya tentang bahasa manusia,” kata Martin. "Ini menunjukkan bahwa banyaknya sufiks di seluruh bahasa dunia mungkin bukan hanya cerminan dari persepsi manusia secara umum."

Preferensi untuk prefiks daripada sufiks oleh beberapa penutur bahasa memiliki implikasi yang lebih besar daripada beragam kognisi manusia. Ini mungkin pertanda bahwa penelitian bahasa belum lengkap di masa lalu.

"Hal penting yang perlu diingat di sini adalah jika kita ingin memahami bagaimana bahasa dibentuk oleh fitur universal kognisi atau persepsi manusia, kita perlu melihat sampel manusia yang beragam," kata Martin.

Preferensi WEIRD untuk Sufiks

Penelitian sebelumnya telah menetapkan bahwa penutur bahasa Inggris menyukai permulaan kata. Ini tercermin dalam struktur bahasa Inggris: ketika memodifikasi kata untuk mengubah artinya, bahasa Inggris cenderung menambahkan sufiks. Misalnya, sufiks umum dalam bahasa Inggris menyertakan "-wise," yang dapat Anda tambahkan di akhir "clock", atau "like", atau "-al", yang sering kali berada di belakang "accident" atau "fiction".

Studi bahasa masa lalu ini, bagaimanapun, telah berfokus terutama pada populasi Western, Educated, Industrialized, Rich, and Democratic (WEIRD). Studi semacam itu telah menyimpulkan bahwa sufiks umumnya lebih disukai daripada prefiks. Martin dan rekan-rekannya mengamati bahwa penelitian semacam itu mengecualikan populasi yang tidak termasuk dalam kategori "WEIRD", dan kesimpulan yang diambil darinya bisa jadi tidak mewakili kognisi manusia universal.

Nexus Bahasa dan Kognisi

"Cara otak manusia memandang dan memproses dunia di sekitarnya memengaruhi bahasa, tetapi tidak setiap fitur bahasa adalah cerminan langsung dari ini," kata Martin. "Misalnya, cara kita menggunakan bahasa, seperti untuk komunikasi, juga dapat memengaruhi pola bahasa." Kesimpulan studi lebih lanjut menerangi hubungan antara kognisi manusia dan sistem dan pola bahasa. Namun, Martin memperingatkan agar tidak berasumsi bahwa bahasa yang berbeda pasti berarti persepsi dunia yang sangat berbeda.

"Ketika kami melihat penutur bahasa lain, terutama mereka yang berbicara bahasa yang belum dipelajari secara ekstensif, kami dapat memahami bahwa kami telah melihat dunia melalui lensa bias. Itu adalah sesuatu yang menurut kami harus diperhatikan oleh para psikolog, " katanya.

(Materials provided by Association for Psychological Science)

***
Solo, Sabtu, 26 September 2020. 4:36 pm
'salam hangat penuh cinta'
Suko Waspodo