Larangan bagi Pejabat Muslim Ucapkan Salam Berbagai Agama

Dalam Islam ada nama-nama Alloh yang terhimpun dalam Asmaul Husna yang jumlahnya 99 nama. Dalam agama Yahudi juga ada nama-nama Alloh tetapi tidak mencapai 99 nama.

Senin, 11 November 2019 | 22:27 WIB
0
240
Larangan bagi Pejabat Muslim Ucapkan Salam Berbagai Agama

Aya-aya wae!

Mejelis Ulama Indonesia Jawa Timur mengeluarkan imbauan atau larangan bagi pejabat Muslim atau yang beragama Islam untuk tidak mencampurkan adukan doa dari berbagai agama alias doa lintas agama. Intinya MUI Jawa Timur keberatan pejabat Muslim membuka salam dengan berbagai agama. Bahkan menurut MUI, doa semacam itu bisa mendatangkan "murka" Allah dan mendekati subhat atau bid'ah.

Tuhan dalam persepsi hambanya. Hambanya suka marah, Tuhan dipersepsikan suka marah. Hambanya sabar, Tuhan dipersepsikan sabar oleh hambanya.

Sebelumnya FPI Bangka Belitung juga mendatangi kantor Bupati Bangka Barat dan meminta kepada Bupati Bangka Barat yang non-Muslim untuk tidak mengucapakan "Assalamualaikum" sebagai salam pembuka ketika membuka suatu acara.

Seperti kita ketahui, Presiden Jokowi atau mungkin juga pejabat negara atau kepala daerah sering mengucapkan salam pembuka dengan kalimat: Assamualaikum dan diikuti dengan salam yang lain yang dinggap bukan dari salam agama Islam. Dan cara seperti itu dianggap tidak sesuai ajaran Islam-menurut MUI Jawa Timur.

Agama Yahudi, Kristen dan Islam adalah agama serumpun dan masih kerabat dekat dan sangat dekat-sekalipun jarak kelahiran agama satu dengan yang lainnya mencapai ratusan tahun.

Seperti dalam agama Yahudi juga dianjarkan mengucapkan salam dan menjawab salam-sama dengan agama Islam juga diajarkan mengucapkan salam dan menjawab salam. Dalam agama Yahudi salamnya: Sholom Aleichem dan menjawabnya: Aleichem Sholom. Dalam dialek atau bahasa Arab menjadi: Assalamualaikum dan jawabannya: Walaikumsalam.

Baik salam Yahudi dan Islam mempunyai arti atau makna yang sama. Yang kurang lebih: semoga damai dan sejahtera menyertai-Mu.

Bahkan kata Alloh atau Allah juga sudah ada sebelum agama Islam lahir dan sering digunakan oleh agama Kristen. Namun kata Alloh malah diklaim sebagai nama Tuhan umat Islam. Bahkan di Malaysia jadi rebutan sebagai merk dagang dan umat Kristen tidak boleh memakai kata Alloh atau Allah.

Agama Yahudi dan Islam memang banyak memiliki kesamaan. Seperti ajaran sunat untuk lelaki, ajaran Yahudi dan Islam menganjurkan laki-laki untuk sunat (khitan). Dalam hal makanan pun juga ada halal dan haram seperti babi sama-sama diharamkan dalam agama Yahudi dan Islam.

Dalam Islam ada nama-nama Alloh yang terhimpun dalam Asmaul Husna yang jumlahnya 99 nama. Dalam agama Yahudi juga ada nama-nama Alloh tetapi tidak mencapai 99 nama.

Nah, kalau begitu siapa yang menyerupai suatu kaum, bukankan menyerupai suatu kaum termasuk kafir?

Kadang kala dalam suatu keluarga-anak ragil atau bungsu agak sedikit nakal dengan suadara tuanya. Semua hasil mainan saudara tuanya diakui sebagai milik adik bungsu atau ragil. Kalau sudah begitu-saudara tuanya hanya bisa pasrah dan banyak tersenyum semoga bahagia adik bungsungnya.

Bukankah kakak atau saudara tua yang baik yang selalu mengalah dan bisa menyenangkan adiknya?

***